makna misa online

Mendalami Makna Misa Online di Masa Pandemi

Memahami apa sebenarnya makna misa online di masa pandemi menjadi hal sangat penting bagi umat Katolik. Mengingat keadaan tidak memungkinkan untuk merayakan Ekaristi secara langsung demi keamanan. Serta kesehatan umat serta para Romo yang memimpin perayaan Ekaristi agar terhindar dari wabah selama masa pandemi.

Perlu diketahui di masa pandemi Gereja terpaksa harus ditutup dan tidak bisa memberikan pelayanan seperti biasa kepada umat. Selain menganggu berbagai sektor seperti kesehatan, ekonomi dan hampir semua terkena imbas. Umat diharapkan tetap bisa bertahan dan percaya kalau masa pandemi ini pasti ada akhirnya.

Salah satu cara yang dipilih Gereja adalah menyediakan layanan Misa secara online dengan menggunakan berbagai media. Cara ini dipilih bukan karena hanya mengikuti trend belaka namun ada banyak makna dari misa online. Mari kita bahas apa maknanya agar Anda bisa mendalami serta tetap merasakan kehadiran Tuhan.

Misa Online Dipilih Gereja Ternyata Memiliki Arti Penting

Misa yang diadakan secara online merupakan pilihan bijak dan terbaik oleh Gereja karena turut membantu pemerintah. Dengan adanya penutupan sementara Gereja membuat laju penyebaran virus corona diharapkan bisa segera berakhir. Juga menjaga umat bisa terhindar dari wabah ini namun tetap bisa merasakan makna misa online.

  1. Misa bukan sekedar menonton video

Perayaan Ekaristi yang dihadirkan dalam bentuk video secara langsung di berbagai media bukan tanpa makna. Anda tidak sekedar menonton video yang disiarkan secara live namun lebih dari itu. Rasakan kehadiran Tuhan Yesus dengan mempersiapkan sebaik mungkin seperti Anda datang ke Gereja untuk beribadah.

  1. Ekaristi tetap sah

Jika Anda menganggap kalau cara ini membuat makna misa online tidak ada sama sekali itu salah. Ekaristi secara online tetap sah karena dilakukan pada masa pandemi dan bukan karena hal biasa. Adanya persatuan batiniah dan spiritual mendalam membuat Ekaristi ini tetap sah untuk dilakukan umat.

  1. Demi mengobati kerinduan umat

Makna lainnya yaitu demi mengobati kerinduan umat yang tidak bisa merayakan Ekaristi secara langsung. Mengikuti perayaan Ekaristi ini membuat Anda tetap merasa sedang bersama Tuhan di masa sulit seperti ini. Serta menjaga iman tetap kuat karena masih bisa bertemu Tuhan walaupun dari rumah saja.

Tujuan Gereja Memilih Misa Online di Seluruh Dunia 

Gereja di seluruh dunia mengadakan Misa secara online tentu memiliki tujuan yang terbaik untuk umatnya. Mengingat makna misa online sangatlah penting tentu umat bisa merasakan dampak atau manfaat positif. Mengetahui apa saja tujuannya diharapkan umat semakin bersemangat dan setiap mengikuti perayaan Ekaristi online.

  1. Agar pelayanan tetap diberikan

Tujuan utamanya yaitu tetap memberikan pelayanan di masa-masa pandemi walaupun memakai cara online. Gereja menyiapkan beberapa jadwal yang bisa diikuti umat untuk tetap bisa mengikuti Ekaristi dari rumah. Jika memang Gereja setempat tidak menyediakan, umat tetap bisa mengikuti siaran Ekaristi online dari Gereja lain.

  1. Menjaga iman semakin kuat

Kalau umat tidak bisa datang ke Gereja karena sedang ditutup bukan berarti tidak bisa beribadah sama sekali. Itulah tujuan Gereja agar umat tetap bisa merasakan kehadiran Tuhan Yesus dan merasa selalu bersama. Kepercayaan mampu memberikan ketenangan serta kekuatan melewati masa pandemi ini dengan sangat baik.

Layanan perayaan Ekaristi via online merupakan keputusan atau pilihan terbaik Gereja untuk seluruh umatnya. Selain menjaga umat juga tetap memberikan pelayanan sehingga bisa merasakan kehadiran Tuhan Yesus. Maka sebagai umat, Anda harus paham betul makna misa online agar dengan sukacita terus mengikuti dari rumah saja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *