Misa Online Hari Ini, Gunakan Doa Singkat Pengganti Komuni

Misa Online Hari Ini, Gunakan Doa Singkat Pengganti Komuni

Gereja harus mengadakan Misa online hari ini karena keadaan yang tidak memungkinkan selama masa pandemi corona. Perayaan Misa secara online memang diperbolehkan dan sah di mata Gereja asalkan pada keadaan khusus. Seperti masa pandemi corona seperti ini dimana tidak memungkinkan untuk mengadakan Misa di Gereja.

Menutup Gereja dengan segala aktivitasnya merupakan keputusan yang bijak untuk turut membantu menyelamatkan umat manusia. Pada dasarnya alur Misa secara online tidak jauh berbeda dengan alur Misa secara langsung. Namun hal yang paling terasa yaitu dimana tidak bisa bertemu sesama umat dan Romo secara langsung.

Terkadang muncul kerinduan dalam hati iman Katolik untuk bisa merayakan Misa di Gereja tanpa harus online. Keadaan seperti ini tidak hanya di Gereja namun di seluruh dunia juga mengadakan Misa online hari ini. Ada satu hal yang sangat terasa bagi umat Katolik yaitu merayakan Misa dari rumah.

Banyak yang bertanya-tanya, jika melakukan Misa secara online, bagaimana dengan sakramen komuni? Bagi umat Katolik menjalankan Misa atau perayaan Ekaristi, komuni adalah menjadi bagian terpenting. Sehingga perlu diperjelas dalam Misa secara online bagaimana dengan sakramen komuni yang akan diterima umat.

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Misa Online Hari Ini, Gunakan Doa Singkat Pengganti Komuni
Misa Online Hari Ini, Gunakan Doa Singkat Pengganti Komuni

Komuni dalam Misa Secara Online Ditiadakan

Mengingat dalam perayaan Misa online hari ini dilakukan dari rumah sehingga tidak mungkin diadakan pembagian hosti. Menerima hosti atau komuni merupakan hal penting dan suci sehingga pasti akan terasa asing jika ditiadakan. Hal ini memang harus disadari umat Katolik mengingat keadaan yang terjadi tidak memungkinkan untuk komuni.

Untuk menjawab hal tersebut, para Imam, Romo, dan Uskup di Indonesia jauh-jauh hari menyiapkan komuni kerinduan. Artinya yaitu jika seseorang merasa merindukan komuni namun tidak bisa menerimanya karena keadaan seperti corona ini. Maka akan tetap menerima kehadiran Yesus sama seperti menerima komuni pada Misa langsung.

Maka dari itu ketika Anda mengikuti Misa online hari ini, persiapkan diri dan batin secara sungguh-sungguh sama seperti Misa di Gereja. Anda akan menerima Tuhan dan merasakan kehadirannya walaupun Misa dilakukan secara online. Walaupun kerinduan akan komuni terasa harus disikapi dengan bijak sambil berdoa semoga wabah berakhir.

Banyak sikap yang bisa diambil untuk menyikapi bagaimana tetap merasakan makna dari Misa secara online. Walaupun komuni pada Misa secara online ditiadakan, namun masih banyak makna lain yang sangat mendalam. Inti dari Misa yaitu persatuan dengan Tuhan jadi dimanapun media yang digunakan tidak menjadi masalah.

Doa Singkat Pengganti Komuni Saat Mengikuti Misa Secara Online

Ketika mengikuti Misa online hari ini, pada saat komuni dapat digantikan dengan doa khusus yang cukup singkat namun penuh arti. “Saya berharap Tuhanku untuk menerima Engkau. Dengan kemurnian, kerendahan hati, dan pengabdian. Dengan nama ibu-Mu yang paling suci menerima-Mu. Dengan semangat orang-orang  Kudus. Amin.”

Doa yang singkat ini sebenarnya membantu untuk mempersiapkan diri menerima kehadiran Tuhan Yesus di tengah-tengah Anda. Sikap menerima kehadiran Yesus dengan rendah hati sama dengan sikap Bunda Maria ketika menyambut kehadiran Yesus. Bunda Maria memberikan teladan yang sangat luar biasa sebagai murid yang menghormati Yesus.

Keadaan di masa pandemi corona yang tidak baik-baik saja membuat semua umat Katolik harus menerima dengan lapang dada. Misa yang dilakukan secara online sama sekali tidak mengurangi kedekatan dengan Tuhan. Sehingga dengan tetap mengikuti Misa secara online membuat Anda menyerahkan diri kepada Tuhan apapun keadaannya.

Selama masa pandemi corona, Gereja Katolik dan Kristen seluruh dunia juga Indonesia menyediakan misa secara online. Namun Misa secara online tidak ada komuni sehingga menimbulkan kerinduan tersendiri. Untuk menyikapi hal tersebut ada doa komuni khusus selama perayaan Misa online hari ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *