Dalami Makna Misa Online bagi Iman Gereja Katolik

Dalami Makna Misa Online bagi Iman Gereja Katolik

Keadaan khusus seperti ini di mana ada pandemi corona membuat umat harus mengetahui makna Misa online. Gereja tidak sembarangan membuat layanan Misa yang disiarkan secara langsung melalui berbagai media. Jika tidak memiliki makna dan tujuan yang sangat penting bagi umat maupun Gereja.

Menyediakan layanan Misa online memang menjadi sebuah keputusan yang bijak bagi Gereja. Mengingat risiko adanya penyebaran covid-19 sangat besar apabila umat berkumpul di Gereja untuk Misa seperti biasanya. Maka hampir seluruh Gereja di Indonesia bahkan luar negeri memberikan layanan Misa online.

Sebagai umat yang mengikuti perayaan Ekaristi secara online maka harus mengetahui apa makna Misa online. Dengan mengetahui makna yang terkandung di dalamnya membuat Anda semakin merasa yakin untuk mengikutinya. Sehingga tidak hanya asal-asalan melihat video saja, namun juga banyak makna penting lainnya yang didapatkan.

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Dalami Makna Misa Online bagi Iman Gereja Katolik
Dalami Makna Misa Online bagi Iman Gereja Katolik

Makna dari Misa Online yang Dipilih Gereja dalam Melayani Umat

Misa online saat ini tengah menjadi perbincangan umat Katolik karena memang menjadi pilihan paling bijak. Gereja juga turut membantu Pemerintah mengendalikan penyebaran covid-19 dimulai dengan menutup Gereja sementara. Serta menjaga umat agar lebih aman dengan menyediakan layanan Misa online dengan makna yang begitu mendalam.

  1. Bukan Hanya Sekadar Menonton Video

Bagi umat Katolik harus mengetahui apa makna Misa online atau perayaan Ekaristi yang dilakukan secara online. Pada saat mengikuti perayaan Ekaristi online, bukan hanya sekadar menonton video yang disiarkan secara langsung. Namun kembali ke masing-masing umat untuk memaknai perayaan Ekaristi tersebut walaupun dari rumah.

  • Ekaristi Secara Online Tetap Sah

Banyak umat yang mempertanyakan apakah mengikuti Ekaristi secara online tetap sah. Umat mengikuti perayaan Ekaristi secara online karena keadaan tertentu dan bukan keadaan umum seperti biasa. Maknanya dalam perayaan Ekaristi online yaitu persatuan secara batiniah dan spiritual yang lebih mendalam sehingga dikatakan sah.

  • Mengobati Kerinduan Selama Masa Pandemi

Ketahui makna Misa online yaitu untuk mengobati kerinduan akan perayaan Ekaristi di Gereja selama masa pandemi. Walaupun di rumah saja, dengan mengikuti perayaan Ekaristi online membuat umat tetap merasa bersama Tuhan. Sehingga iman tidak berkurang ataupun goyah walaupun tidak bisa merayakan Misa di Gereja.

Tujuan dari Adanya Misa Online yang Dilakukan Gereja Hingga Seluruh Dunia

Mengadakan Misa atau perayaan Ekaristi secara online tentu ada tujuan tersendiri dari Gereja Katolik. Adapun tujuan tersebut tentu demi memberikan kebaikan kepada umat dan tidak membahayakan umat sendiri. Ketahui apa saja tujuan setelah Anda tahu makna Misa online yang akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Memberikan Pelayanan pada Umat

Tujuan utama dari Misa online yaitu Gereja tetap memberikan pelayanan kepada umat walaupun secara online. Sehingga umat tetap bisa mengikuti perayaan Misa sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dari Paroki. Namun jika Paroki tidak menyediakan maka umat tetap bisa mengikuti Misa online dari Paroki lain.

  • Menjaga Iman Katolik Tetap Kuat

Tujuan lain yaitu menjaga iman Katolik di masa sulit seperti ini agar tetap kuat dan percaya pada Tuhan Yesus. Jika iman tetap kuat maka akan memberikan ketenangan batin dan menyerahkan semua kepada Tuhan. Umat tetap bisa mendengar Injil dan khotbah Romo yang semakin menguatkan umat Katolik.

Mengulas makna dari Misa atau perayaan Ekaristi secara online memang sangat menarik bagi umat Katolik. Umat tetap bisa menjalankan ibadah dengan mengikuti Misa dari rumah secara online. Selain penuh dengan makna Misa online, mengikuti Ekaristi online juga sah menurut Gereja Katolik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *