Bagi sejumlah orang merencanakan peziarahan ke Tanah Perjanjian adalah suatu hal yang harus dipersiapkan dengan sangat baik. Karena untuk dapat pergi ke Holyland, beberapa orang beranggapan bahwa Ia mungkin hanya punya kesempatan sekali seumur hidup. Sangat bersyukur bila kita dapat pergi kedua kali, ketiga kali, dan seterusnya untuk melakukan napak tilas ke Holyland.

     Tapi intinya ialah bukan beberapa kali Anda dapat berkunjung tetapi “suatu perjalanan ziarah haruslah berkesan dan ini merupakan suatu kesempatan yang harus dimaksimalkan untuk memperluas wawasan dan memperdalam iman berapa kalipun Anda dapat berkunjung”. Oleh karena itu perlengkapan-perlengkapan dan benda-benda juga harus dipersiapkan untuk mendukung peziarahan Anda. Misalnya, Kita tidak ingin bahwa benda-benda yang kita bawa ternyata hanya memperumit atau merepotkan kita saat harus memfokuskan diri pada situs-situs penting di Holyland. Buat diri Anda senyaman mungkin dengan memprioritaskan dan mempersiapkan benda-benda tertentu.

Berikut adalah tips 5 benda yang sangat perlu Anda bawa saat ziarah ke Holyland

  1. Alat komunikasi

Bawalah alat komunikasi seperlunya. Cukup membawa benda seperti telepon genggam dan ipad/tab jika Anda dalam keadaan perlu mengerjakan hal-hal tertentu. Hindari membawa laptop yang cukup berat dan juga cukup besar sehingga banyak memakan ruang di tas atau koper Anda. HP Anda membantu memudahkan Anda dan Tour Leader ataupun panitia Tour untuk dapat berkomunikasi. Alat komunikasi juga mungkin menjadi satu-satunya yang dapat Anda manfaatkan bila mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat.

  1. Tas ransel/tas selempang

Selain koper utama untuk mengemas pakaian Anda, membawa tas ransel sangat diperlukan saat melakukan perjalanan ke situs-situs di Holyland. Sebab banyak beberapa hal yang tetap perlu Anda bawa seperti passport, dompet, Alkitab, panduan perjalanan, obat-obatan penting, kamera atau video kamera bila Anda gemar mengabadikan momen atau membuat vlog-vlog menarik dan note/catatan untuk Anda yang gemar mencatat atau menulis. Tentu tas akan sangat berguna dalam membantu Anda membawa barang lain-lain dan mengamankannya seperti Passport. Perlu diketahui bahwa Indonesia adalah negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, kehilangan dokumen perjalan akan sangat mengganggu jadwal acara ziarah.

  1. Travel Vacuum Bag

Travel Vacuum Bag bisa jadi penyelamat Anda saat berziarah. Saat berziarah kemungkinan besar Anda akan mengunjungi beberapa situs seperti Dead Sea atau Laut Mati dan Sungai Yordan. Bila Anda berencana untuk bersenang-senang berenang di Dead Sea  atau berencana untuk mengikuti prosesi pembaptisan di Sungai Yordan. Anda tidak perlu kuatir pakaian basah karena kantong plastik ini kedap air.  Anda hanya tinggal memasukan pakaian yang basah ke kantong Vacuum Bag ini. Memisahkan pakaian bersih dan kotor juga jadi mudah. Dengan ini, Anda bisa menghemat ruang untuk menyimpan pakaian di dalam ransel atau koper dan barang-barang jadi lebih rapi tentunya.

  1. Mata Uang USD

    mata uang img

Sediakan uang saku secukupnya dan yang terpenting telah dipersiapkan dalam mata uang lokal atau USD karena Anda akan kesulitan untuk menukarkan uang rupiah disana. Siapkan pecahan USD 1, 5 ,10, 20. Anda juga dapat menggunakan Credit Card Visa dan Mastercard.

  1. Pakaian yang tepat

pakaian yang tepat untuk ziarah ke holyland pic

Saat berziarah tentu Anda akan banyak mengunjungi Gereja-Gereja, oleh sebab itu untuk berpakaian sopan dan rapih haruslah tetap Anda sadari untuk menghormati Tuhan dan orang-orang disekitar Anda. Bagi pria bawalah celana panjang dan sepasang sepatu yang nyaman karena Anda akan lebih sering memakainya untuk berkunjung ke Gereja  dan membantu Anda dalam mendaki Gunung seperti Gunung Sinai bila diinginkan. Bagi wanita bawalah pakaian yang sopan hindari pakaian tanpa lengan, rok minim, dan sepatu dengan heels yang tinggi.

Bila Anda berangkat saat musim dingin bawalah pakaian dingin, seperti jaket tebal, kaus kaki tebal, penutup telinga, vest, dan sarung tangan.  Bawalah pakaian secukupnya agar tidak menambah berat barang bawaan Anda.

Oke, itu semua adalah tips-tips bagi Anda yang berencana untuk pergi ke Holyland atau Tanah Perjanjian. Hindari membawa hal-hal yang mungkin akan merepotkan seperti boneka, bantal, ataupun benda lainnya yang mungkin membuat Anda sulit tidur apabila tidak ditemani benda-benda tersebut namun benda tersebut hanya akan menyulitkan Anda apalagi ukurannya cukup besar. Kami berharap perjalanan Anda menjadi lebih nyaman, tenang dan berkesan. Untuk sesame peserta tour berusahalah agar saling menolong, beramah tamah dan mendahulukan apabila ada lansia dalam group Anda. Terlebih dari semua itu pikiran dan hati yang siap adalah inti dari persiapan ziarah Anda yang sesungguhnya.