Wisata Rohani Ziarah Katolik di Jawa Tengah

Wisata Rohani Ziarah Katolik di Jawa Tengah

Jawa Tengah sebagaimana yang kita kenal, merupakan “jantung” wisata yang ada di pulau Jawa. Jawa tengah memiliki beragam tempat wisata yang bisa didatangi dan cukup populer di kalangan masyarakat domestik maupun mancanegara. Tempat wisata yang bisa kita kunjungi saat mengunjungi provinsi ini mulai dari wisata kebudayaan, wisata alam, wisata pendidikan, wisata kuliner,  hingga wisata rohani. Berikut adalah tempat-tempat wisata rohani ziarah katolik  di Jawa Tengah yang telah kami rangkum:

1. Goa Maria Pereng Salatiga

Lokasi pertama untuk wisata ziarah rohani Katolik di Jawa Tengah adalah Goa Maria Pereng Salatiga Berada di Dusun Jampelan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Goa ini sangat ramai dikunjungi oleh penduduk. Walaupun situs ini berada di lereng Gunung Merabu yang jaraknya mencapai 10 Km dari Kota Salatiga, situs ini tetap ramai dikunjungi karena dikenal sebagai tempat ziarah yang sejuk dengan mata air yang sepertinya tidak akan pernah habis. Alasan goa ini dinamai Pereng (tanah miring) adalah karena lokasi tempat ini terletak di daerah yang berbukit.

Akses menuju Goa Maria Pereng cukup mudah sehingga tidak akan membebani para peziarah yang ingin berkunjung. Tempat ini berdekatan dengan Stasi ST Yusuf  Getasan, Paroki St Paulus Miki Salatiga.

2. Goa Maria Kerep Ambarawa

Goa Kerep Ambarawa terletak di JL. Tentara Pelajar No. 81, Kerep, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Goa ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Goa ini berada di daerah perbukitan di samping lereng Gunung Ungaran dengan suasana yang begitu asri dan diisi oleh pepohonan rimbun. Ketika Anda berada di lokasi ini, maka Anda bisa melihat pemandangan Kota Ambarawa, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Danau Pening. Dengan kondisi tenang dan menyejukkan, tempat ini tentu sangat cocok sebagai tempat berdoa, berziarah, atau sekedar menyegarkan diri.

3. Goa Maria Mojosongo

Goa Maria Mojosongo berada di Daerah Debengan, Surakarta, Jawa Tengah. Goa ini berada di sebelah selatan Kota Solo. Niat untuk mendirikan goa ini merupakan bentuk kerinduan umat Solo yang merindukan Tuhan atau mendevosi kepada Bunda Maria. Niat ini kemudian mendapatkan tanggapan positif dari umat Solo sehingga dibentuklah panitia pembentukan Goa Maria Mojosongo. Taman yang ada di Goa Maria ini memiliki total luas tanah 4585 meter dengan bangunan utama serta ruangan yang besar dan dikelilingi taman yang rindang.

4. Goa Maria Cokro Grabag

Goa Maria Cokro Grabag terletak di Sumurbandung, Sumurarum, Grabbag, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi goa ini berada  5 kilometer di antara jalan Magelang-Semarang. Goa ini digunakan oleh umat katolik sebagai tempat ziarah dan devosi. Patung bunda maria yang dipahat oleh pematung di Magelang ini, menurut pengunjung, memiliki ciri khas tersendiri yakni dengan penggunaan bahan fibernya. Yang  datang ke tempat ini bukan hanya orang Katolik, melainkan juga dari umat agama lain. Goa Maria Cokro ini terbuka untuk siapapun yang ingin datang berkunjung.

5. Goa Maria Sendang Ratu Kenya

Goa Ratu Sendang Ratu Kenya atau goa yang lebih banyak masyarakat kenal sebagai Sendang Growong (goa yang di dalamnya terdapat ruangan besar) berlokasi di Giriwoyo, Surakarta, Jawa Tengah. Goa ini pernah menjadi tempat yang menakutkan bagi masyarakat sebelum dijadikan tempat ziarah. Masyarakat percaya bahwa goa ini merupakan rumah dari “Setan Besil”. Hal itu berubah setelah umat Katolik setempat,  dipimpin oleh Petrus Suhirman, berhasil mengusir setan itu dengan Doa Novena Sembilan Hari. Kini goa ini menjadi tempat ziarah Bunda Maria dan tempat wisata oleh masyarakat sekitar Surakarta maupun dari luar kota.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *