Tiga Sakramen Inisiasi Katolik dan Penjelasannya

Tiga Sakramen Inisiasi Katolik dan Penjelasannya

Dalam Agama Katolik dikenal istilah sakramen inisiasi Katolik. Sakramen inisiasi merupakan sakramen wajib yang harus diterima oleh umat Katolik. Inisiasi sebenarnya berasal dari Bahasa Latin “Inire” (masuk ke dalam) atau “Intiare” (memasukkan ke dalam). Dengan kata lain sakramen ini merupakan sakramen tanda masuknya seseorang dalam kelompok.

Dalam kasus ini berarti orang yang menerima sakramen inisiasi masuk dalam Gereja Katolik. Sakramen inisiasi terdiri dari tiga yaitu sakramen baptis, krima, dan ekaristi. Ketiga sakramen ini merupakan sakramen dasar yang harus diterima umat Katolik untuk menjadi bagian penuh dalam Gereja.

Pada kenyataanya itu semua merupakan pilihan tidak ada paksaan bagi orang katolik untuk menerima sakramen ekaristi atau sakramen krisma. Namun wajiblah bagi seorang yang ingin masuk ke Katolik untuk terlebih dahulu menerima sakramen baptis. Untuk lebih jelasnya tantang sakramen inisiasi ini, berikut penjelasannya.

Sakramen Baptis yang Merupakan Sakramen Wajib

Sakramen inisiasi Katolik yang pertama adalah sakramen baptis. Seperti penjelasan sebelumnya sakramen ini merupakan sakramen wajib yang harus diterima seseorang yang ingin masuk menjadi anggota Gereja Katolik. Sakramen Baptis berasal dari Bahasa Yunani “baptizen” yang artinya mencelupkan dalam air atau “babtismo,” berarti membasuh dengan air.

Karena memang pada perwujudannya sakramen baptis diterimakan dengan cara dicepkan dalam air (masyarakat yunani kuno termasuk Yesus yang dibabtis oleh Yohanes pembabtis), namun sekarang diwujudkan sebagai pemericikan pada dahi saja yang diterapkan Gereja Katolik sekarang ini.

Sakramen baptis merupakan tanda manusia berdosa dilahirkan kembali secara rohani dengan menerima Kristus sekaligus tanda manusia resmi bergabung dalam anggota Tubuh Kristus Gereja Katolik. Penerimaan sakramen babtis dilakukan atas kuasa Allah sendiri, dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus.

Sakramen Ekaristi untuk Ucapan Syukur

Sakramen inisiasi Katolik selanjutnya adalah sakramen ekaristi yang diambil dari Bahasa Yunani “Eucharistia” yang berarti syukur dan pujian. Sehingga dalam sakramen ekaristi ini umat Katolik merayakan ucapan syukurnya kepada Tuhan atas penebusan dan penyelamatan umat manusia.

Penyelamatan tersebut terwujud dalam diri Yesus Kristus yang wafat di kayu salib, tiga hari kemudian bangkit, dan naik ke surga. Dalam ekaristi ini juga umat Katolik mengingat peristiwa perjamuan terkakhir yang dilakukan Yesus Kristus dengan para muridnya.

Pada perjamuan itu Yesus membagi-bagikan dirinya kepada para murid dalam wujud roti yang dipecah-pecah (Tubuh Kristus) dan anggur dalam cawan (Darah Kristus). Peristiwa ini dikenangkan dalam sakramen ekaristi pada peristiwa transubstansiasi ketika Imam mengkonsekrasikan roti dan anggur menjadi Tubuh dan Darah Yesus (konsekrasi).

Tiga Sakramen Inisiasi Katolik dan Penjelasannya
Tiga Sakramen Inisiasi Katolik dan Penjelasannya

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Sakramen Krisma sebagai Wujud Penguatan

Sakramen inisiasi Katolik yang terakhir adalah sakramen krisma. Sakramen krisma merupakan wujud penguatan, pendewasaan, dan peneguhan Iman Katolik seseorang. Dengan menerima sakramen ini orang Katolik mengingat kembali peristiwa turunnya Roh Kudus atas para Rasul (Kisah Para Rasul 2).

Dengan sakramen ini, menandakan bahwa umat Katolik mengobarkan semangat para Rasul untuk mewartakan kabar gembira kepada orang lain melalui bimbingan dari Allah sendiri dalam wujud Roh Kudus. Dengan bimbingan Roh Kudus manusia menjadi kuat secara rohani dan siap menerima perutusan mulia itu.

Siklusnya seorang katolik menjadi dewasa dalam iman, harapan, dan kasih melalui bimbingan Roh Kudus. Kemudian siap terlibat dalam gereja Katolik secara utuh di pelayanan dalam hidup sehari-hari dan siap melakukan pewartaan kabar suka cita kepada orang lain dan menjadi saksi dan kebenaran akan kuasa Tuhan Yesus sendiri.

Memang tidaklah mudah mejadi saksi Kristus di dunia ini. Namun Anda harus percaya bahwa Roh Kudus selalu hadir menemani segala langkah kehidupan, menguatkan dan menaguhkan Anda. Selalu ingat bahwa Anda tidak sendiri karena umat Katolik semesta juga memiliki misi sama yang terwujud dalam sakramen inisiasi Katolik yaitu sakramen krisma.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *