Syarat Masuk Katolik Perlu Lewati 4 Tahapan Berikut

Syarat Masuk Katolik Perlu Lewati 4 Tahapan Berikut

Syarat masuk Katolik bisa dibilang tidak terlalu mudah, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang agama. Ada yang menganggap agama yang satu lebih baik dari agama lain, karena urusan agama kembali kepada kepentingan masing-masing pihak.

Di dalam agama Katolik, siapa saja bisa bergabung menjadi bagian dalam persekutuan gereja Katolik, tetapi tentu saja wajib memenuhi syarat masuk Katolik yang ditetapkan. Syarat-syarat tersebut dibuat agar orang tidak memandang urusan pindah agama sebagai hal yang gampang saja.

Agama merupakan keyakinan masing-masing, tetapi dalam setiap agama terdapat aturan yang wajib dipatuhi oleh seluruh umat. Pada umumnya seseorang yang ingin masuk ke agama Katolik membutuhkan waktu hingga 6 bulan sampai satu tahun lamanya.

Alasan mengapa dibutuhkan waktu yang lama agar bisa pindah ke agama Katolik karena banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan saat masuk ke agama Katolik. Jika telah melewati masa pendidikan dan memenuhi syarat, maka akan diterima secara resmi di gereja Katolik.

Tahapan dalam Syarat Masuk Katolik

Secara umum seseorang yang ingin masuk Katolik harus belajar tentang iman Katolik terlebih dahulu, tujuannya agar iman yang dimiliki semakin kuat, serta memahami segala aturan dan larangan yang diterapkan dalam gereja Katolik. Jika Anda ingin pindah ke agama Katolik, berikut 4 tahapan yang wajib Anda lalui.

  • Tahap Simpatisan

Tahap pertama yang harus Anda lalui disebut dengan tahap simpatisan. Pada tahap ini akan dilihat seberapa besar niat Anda bergabung ke dalam persekutuan gereja Katolik. Niat tersebut harus berasal dari dalam hati.

Tanpa adanya paksaan dari luar atau kepentingan lainnya. Biasanya niat atau keinginan tersebut muncul berkat suatu kejadian atau hal menarik lain yang ditemukan dalam gereja Katolik.

  • Tahap Katekumen

Setelah melewati tahap simpatisan, maka tahap selanjutnya disebut tahap Katekumen. Pada tahap ini proses pembelajaran dimulai. Selama 6 bulan atau satu tahun, Anda diwajibkan belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan agama Katolik.

Dan waktu belajar dilakukan setiap minggu. Nantinya pendamping akan menilai ketekukan, niat, serta hasi ujian agar bisa diputuskan apakah layak masuk Katolik atau tidak. Maka hal ini harus dilalui dengan baik dan sungguh-sunguh.

  • Tahap Baptisan Baru

Syarat masuk Katolik selanjutnya adalah harus melewati tahap baptisan baru. Jika Anda sudah dianggap memahami katekis dalam Katolik, maka dan dianggap layak menjadi bagian dari persekutuan Katolik. Jika Anda belum pernah dibaptis, maka akan dilakukan pembatisan, tetapi jika sebelumnya sudah pernah dibaptis akan dilakukkan pembaharuan janji baptis.

  • Tahap Mistagogi  

Tahap yang terakhir disebut juga sebagai tahap Mistagogi. Pada tahap ini sering juga disebut sebagai masa pemantapan iman. Di sini Anda nantinya akan dibimbing agar lebih mampu memaknai setiap sakramen dalam gereja Katolik.

Serta menghayati dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika telah berhasil melewati keempat tahap tersebut, maka Anda secara resmi menjadi bagian dari persekutuan gereja Katolik.

Syarat Masuk Katolik Perlu Lewati 4 Tahapan Berikut
Syarat Masuk Katolik Perlu Lewati 4 Tahapan Berikut

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Bentuk Ujian Masuk Katolik

Seperti disebutkan sebelmunya setelah menyelesaikan tahap katekumen akan dilakukan ujian untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman Anda tentang agama Katolik. Bentuk ujian tersebut bisanya ada dua, yakni bentuk ujian tulis dan bentuk wawancara.

Saat ujian tulis, materi ujian berkaitan dengan seluruh materi yang Anda pelajari selama 6 bulan atau 1 tahun. Pada ujian wawancara juga demikian, hanya saja pertanyaan ditujukan untuk melihat kematangan serta pemahaman Anda tentang agama Katolik.

Ketika seseorang ingin bergabung dalam persekutuan dengan umat Katolik, mereka perlu menyelesaikan seluruh tahapan persiapan sebelumnya. Seluruh syarat masuk Katolik tersebut berlaku umum di seluruh gereja Katolik di dunia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *