Sakramen Pembaptisan di Umat Katolik

Sakramen Pembaptisan di Umat Katolik

Sakramen Pembaptisan di Umat Katolik – Karunia Roh Kudus bagi umat Katolik bisa diwujudkan dalam bentuk Sakramen yang kemudian dibagi menjadi 7 jenis. Namun, untuk menjadi umat Katolik seutuhnya harus melalui proses pengurapan Sakramen Pembaptisan baik dari usia bayi hingga dewasa. Dalam hidup umat Katolik hanya satu kali dalam menerima Sakramen Pembaptisan, namun dalam Paskah terdapat momen pemberian Sakramen Pembaptisan secara luas.

Untuk itulah, tujuan penting pembaptisan tidaklah mudah dimengerti. Bukan hanya menjadi satu sebagai umat Yesus Kristus saja, akan tetapi ada beberapa komponen lain yang juga memperlihatkan apa saja rahmat yang bakal diterima umat setelah pemberian Sakramen Baptis.

Sakramen Pembaptisan di Umat Katolik

Wujud Penerimaan Sakramen Pembaptisan di Umat Katolik

Sebagai wujud permanen bahwa setiap umat Katolik mengikuti ajaran dan menjadi satu dengan Yesus Kristus sebagai anak-Nya, ternyata ada beberapa makna penting ketika kita mendapatkan sakramen Baptis yang kemudian bisa kita telaah seperti berikut ini.

Mendapat Pengampunan Dosa

Secara luas, mendapatkan Sakramen Baptis juga berarti memperoleh pengampunan dosa dari Tuhan. Selain menjadi satu sebagai anak Allah, ternyata dosa awal ataupun dosa yang sudah dibuat manusia bisa diampuni dengan pemberian Sakramen Baptis. Jadi secara umum Sakramen Baptis ini bisa memberi manfaat penting bagi umat Katolik yakni menjadi seorang yang baru dan bersih bebas dari segala dosa.

Menjadi Ciptaan Baru

Makna menjadi anak Allah juga bisa didapatkan ketika Umat Katolik memperoleh janji Baptis. Karena  itulah ada sejumlah anggapan bahwa makna menjadi anak Allah sudah suci dan bebas dari dosa, sebenarnya bukan hanya itu saja, sebab Tuhan menginginkan kita untuk menjadi sosok baru yang lebih baik dari sebelumnya, ataupun memperoleh banyak berkat yang kemudian bisa menjadi modal utama menyebarkan ajaran cinta kasih dari Tuhan kepada sesama manusia.

Sakramen Pembaptisan di Umat Katolik

Memperoleh Rahmat Pengkudusan

Makna pemberian Sakramen Baptis juga mencakup perolehan ramhat pengkudusan yang mana sudah dianggap sebagai syarat utama menjadi umat Katolik. Beberapa poin ketika sudah mendapatkan rahmat pengkudusan juga wajib dipahami bagi umat Katolik. Terutama pada menjalankan hidup dalam bimbingan Tuhan dan dorongan Roh Kudus. Sehingga semua tindakan umat Katolik sebaiknya mencerminkan cinta kasih Tuhan.

Menjadi Bagian Dari Gereja

Menjadi bagian ataupun anggota Gereja juga penting dalam proses pemberian Sakramen Baptis. Menjadi satu kesatuan di dalam Tubuh Mistik Kristus telah tersirat dalam pemberian sarakmen Baptis, hingga akhirnya umat Katolik mendapat hak dan kewajiban dalam menaati semua peraturan Gereja hingga memperoleh Rok Kudus hingga beberapa Sakramen penting lain seperti Ekaristi ataupun Sakramen Pernikahan.

Berhak Mendapat Hidup Kekal

Hidup kekal bersama Yesus Kristus hingga ikut dalam setiap perjamuan suci Tuhan juga menjadi makna penting ketika kita memperoleh Sakramen Baptis. Untuk itu, setiap umat Katolik berhak memperoleh Roh Kudus dan beberapa materai rohani yang tidak bisa dihapuskan sebagai bagian dari Yesus Kristus. Bisa digambarkan saat kita sudah mendapat Sakramen Baptis maka dari perubahan nama dan juga kehidupan kita akan mengacu pada kemuliaan Yesus Kristus.

Sejumlah proses pemberian Sakramen Pembaptisan pada usia tertentu akan terus memberi makna baik yang menjadi satu kesatuan dengan Yesus. Setiap pengajaran Yesus akan tertuang dalam kehidupan umat Katolik. Itulah mengapa jenis Sakramen Baptis ini sangat penting dan wajib untuk umat Katolik bergabung ke dalam Kerajaan Allah yang kekal dan penuh cinta kasih. Sejumlah makna bisa kita dapatkan saat memperoleh Sakramen Baptis, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita melihat bahwa di kehidupan kita ada makna utama yakni cinta kasih Tuhan pada hidup manusia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *