Renungan Hari Ini Katolik 2020 pada Bulan Agustus

Renungan Hari Ini Katolik 2020 pada Bulan Agustus

Renungan hari ini Katolik 2020 dapat Anda baca dan renungkan sesuai dengan bacaan harian yang ada. Pada Gereja Katolik sendiri, bacaan setiap harinya telah disusun secara penuh sesuai dengan penanggalan liturgi Gereja Katolik.

Gereja Katolik memang unik, semuanya terstuktur dan memiliki pokok bacaan yang sama. Kesamaan ini dapat Anda temukan pada seluruh Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Pasalnya Gereja katokik memang memiliki cara penanggalan yang berbeda dari agama lainnya.

Penanggalan liturgi Gereja Katolik dimulai pada akhir November sampai akhir Desember tepatnya pada Masa Adven I. Dan akan diakhiri pada akhir November tepatnya pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.

Sehingga renungan hari ini Katolik juga akan mengikuti penanggalan liturgi yang telah di tetapkan. Memang benar bahwa bacaan untuk setiap harinya berbeda, oleh karena itu kita wajib tahu bagaimana cara membaca penanggalan liturgi Katolik, berikut penjelasannya.

Renungan Hari Ini Katolik 2020 : Minggu, 2 Agustus 2020

PF S. Petrus Yulianus Eymard, Imam PF S. Eusebius Vercelli, Uskup PF S. Eusebius Vercelli, Uskup

Warna Liturgi: Hijau

Bacaan I  Yes 55:1-3

Beginilah firman Tuhan,  “Hai kamu semua yang haus,  marilah dan minumlah!  Dan kamu yang tidak mempunyai uang, marilah!  Terimalah gandum tanpa uang pembeli, dan makanlah; minumlah anggur dan susu tanpa bayar. Mengapa kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti?”

“Dan mengapa upah jerih payahmu kaubelanjakan  untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan?  Dengarkanlah Aku,  maka kamu akan mendapat makanan yang baik,  dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.” 

“Sendengkanlah telingamu, dan datanglah kepada-Ku;  dengarkanlah, maka kamu akan hidup!  Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu,  menurut kasih setia yang teguh,  yang Kujanjikan kepada Daud.”

Demikianlah sabda Tuhan. (Renungan hari ini Katolik 2020, Agustus)

Renungan Hari Ini Katolik 2020 pada Bulan Agustus
Renungan Hari Ini Katolik 2020 pada Bulan Agustus

Bacaan II  Rom 8:35.37-39

Saudara-saudara,  

siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus?  Penindasan atau kesesakan?  Penganiayaan?  Kelaparan?  Ketelanjangan?  Bahaya?  Atau pedang?  Dalam semuanya itu kita lebih daripada orang-orang yang menang,  oleh karena Dia yang telah mengasihi kita.  

Sebab aku yakin,  baik maut maupun hidup,  malaikat-malaikat maupun pemerintah-pemerintah,  baik yang ada sekarang maupun yang akan datang,  atau kuasa-kuasa, baik yang di atas maupun yang di bawah,  atau sesuatu makhluk lain mana pun tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah  yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Demikianlah sabda Tuhan.

Dalami Bacaan Berikut Sebagai Renungan Hari Ini Katolik 2020

Bacaan Injil  Mat 14:13-21

Sekali peristiwa,  Setelah mendengar berita pembunuhan Yohanes Pembaptis, menyingkirlah Yesus; dengan perahu   Ia  bermaksud mengasingkan diri ke tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya, dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat  dari kota-kota mereka.

Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya. Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.  Menjelang malam para murid datang kepada Yesus dan berkata,  

“Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi  supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.” Tetapi Yesus berkata kepada mereka,  “Tidak perlu mereka pergi!  Kamu harus memberi mereka makan.”

Lanjutan Renungan hari ini Katolik 2020: Jawab mereka,  “Pada kami hanya ada lima buah roti dan dua ekor ikan.”  Yesus berkata, “Bawalah ke mari!” Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Setelah itu Yesus mengambil kelima roti dan kedua ikan itu.

Sambil menengadah ke langit diucapkan-Nya doa berkat, dibagi-bagi-Nya roti itu  dan diberikan-Nya kepada murid-murid-Nya. Para murid lalu membagi-bagikannya kepada orang banyak. Mereka semua makan sampai kenyang.  Kemudian potongan-potongan roti yang sisa dikumpulkan, ada dua belas bakul penuh. Yang turut makan kira-kira lima ribu orang pria;  tidak termasuk wanita dan anak-anak.

Demikianlah Injil Tuhan.

Bacaan umat Katolik selalu diperbaharui setiap harinya. Bacaan-bacaan tersebut diambil sesuai dari ketetapan kalender liturgi umat Katolik yang telah disusun selama setahun penuh. Anda dapat membaca renungan hari ini Katolik 2020 sesuai dengan bacaan yang ada hari ini.

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *