Petunjuk Mengikuti Misa Online Gereja Katolik Secara Praktis

Petunjuk Mengikuti Misa Online Gereja Katolik Secara Praktis

Saat ini Misa online Gereja Katolik sedang menjadi pembahasan yang menarik karena seluruh dunia juga melakukannya. Misa online menjadi pilihan terbaik sebagai bentuk upaya Gereja dalam menyelamatkan umat Katolik. Dari ganasnya wabah virus corona yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia termasuk Gereja.

Perbedaan yang sangat jelas terlihat dari perayaan Misa secara online dengan Misa langsung adalah komuni. Hal ini akan sangat terasa bagi iman umat Katolik dan merasa merindukan sakramen komuni. Namun dengan mengikuti Misa online tidak menurunkan sama sekali maknanya dan semakin mendekatkan diri dengan Tuhan.

Agar Anda bisa mengikuti Misa online Gereja Katolik dengan sungguh-sungguh maka lakukan persiapan. Persiapan sangatlah penting dan jangan disepelekan walaupun Misa hanya dilakukan dirumah saja. Kemudian ikuti petunjuk praktis Misa online agar bisa berjalan lancar dan membuat iman semakin kuat.

Hal yang Harus Disiapkan dan Diperhatikan Saat Ikut Misa Online

Sebelum memulai Misa secara online, banyak hal yang wajib dilakukan guna menunjang Misa berjalan dengan tenang. Berikut adalah hal yang perlu disiapkan sebelum Misa online.

  1. Jadwal Misa Online

Ketika ingin mengikuti perayaan Misa online Gereja Katolik maka ketahui dulu jadwal Misa dari Gereja. Saat ini sudah banyak Misa online yang dilakukan oleh Gereja di seluruh Indonesia bahkan dunia. Carilah jadwal Misa online di Gereja wilayah Anda dan kalau tidak ada Gereja wilayah lain.

  • Tempat yang Disiapkan Khusus

Misa online memang semua hal harus Anda persiapkan sendiri, salah satunya tempat yang disiapkan secara khusus. Jika Misa bersama anggota keluarga maka siapkan tempat yang cukup luas seperti ruang keluarga atau ruang tamu. Jika mengikuti Misa sendiri maka sebaiknya gunakan kamar agar tidak ada gangguan.

  • Gunakan Lilin dan Salib

Agar suasana Misa online Gereja Katolik semakin mendalam maka bisa gunakan lilin dan Salib. Buatlah suasana yang membuat Anda nyaman dan bisa mendukung untuk meresapi perayaan Misa online. Dengan begitu benar-benar bisa menghayati makna perayaan Misa walaupun secara online dan hanya dari rumah.

Petunjuk Mengikuti Misa Online Gereja Katolik Secara Praktis
Petunjuk Mengikuti Misa Online Gereja Katolik Secara Praktis

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Petunjuk Praktis Mengikuti Misa Online untuk Gereja Katolik

Sesudah mempersiapkan segala keperluan sebelum Misa, maka Anda perlu memahami cara agar Misa yang dilakukan bisa dirasakan dengan baik. Dengan melakukan hal ini, meskipun Misa dilakukan secara online tetap akan bermakna.

  1. Persiapkan Diri dan Mental Seperti Misa Langsung

Mengikuti Misa secara online sebaiknya ikuti petunjuk praktis agar bisa sesuai dengan harapan. Pertama persiapkan diri dan mental seperti ketika Anda akan pergi Misa langsung di Gereja. Bukan tentang cara yang digunakan, namun percaya kalau Tuhan benar-benar adil dalam Misa online jauh lebih baik.

  • Siapkan Waktu Sebelum Misa untuk Doa Pribadi

Dalam mengikuti Misa online Gereja Katolik, siapkan waktu terlebih dahulu untuk doa-doa pribadi. Hal ini sama dengan aturan untuk jangan terlambat datang ke Gereja sebelum Misa dimulai. Dengan mempersiapkan waktu Anda tidak akan terburu-buru atau ketinggalan Misa, serta masih ada waktu untuk berdoa.

  • Ikuti Perayaan Ekaristi Secara Penuh dan Fokus

Ketika memilih untuk mengikuti Misa online sebaiknya ikuti perayaan Ekaristi secara penuh dan jangan terpotong-potong. Tetap fokus dengan Misa online yang diikuti karena terkadang dirumah ada saja gangguan. Sudah dijelaskan untuk melakukan persiapan secara baik agar tidak ada gangguan dan bisa fokus.

  • Mengikuti Misa Secara Sungguh-Sungguh

Misa online terkadang masih disepelekan karena tidak ada Romo secara langsung dan masih banyak lagi. Maka petunjuk praktis agar bisa mengikuti dan mendalami Misa online sebaiknya lakukan dengan sungguh-sungguh. Tuhan tidak hanya ada di Gereja dan selalu bersama kita walaupun Misa dilakukan dengan berbagai cara.

Mengikuti Misa secara online saat ini memang menjadi pilihan terbaik dan semua umat Katolik diseluruh dunia juga merasakan. Walaupun tidak ada Misa di Gereja, bukan menjadi alasan untuk menjauhkan diri dari Tuhan. Maka ikuti Misa online Gereja Katolik dengan sungguh-sungguh dan lakukan persiapan secara matang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *