Perbedaan Romo Pr dan SJ yang Tidak Banyak Diketahui

Perbedaan Romo Pr dan SJ yang Tidak Banyak Diketahui

Mengenal agama Katolik, perlu juga mengetahui tentang perbedaan Romo Pr dan SJ. Dalam tradisinya, agama Katolik memiliki beberapa jenis ordo dari para Imam, Biarawan, dan Biarawatinya. Perbedaan ini kabarnya dikarenakan perbedaan latar belakang. Contohnya seperti era pendiriannya dan prinsip yang dianut dalam mengabdi pada Tuhan dan Yesus.

Dua ordo yang cukup familiar adalah Projo (Pr) dan Serikat Yesus/Yesuit/Jesuit (SJ). Memang kadang sering dibandingkan perbedaannya. Para romo menggunakan singkatan Pr maupun SJ sebagai identitasi diri mereka sebagai anggota ordo.

Iman gereja Katolik meyakini bahwa Allah memanggil secara khusus orang-orang yang Ia kasihi untuk hidup melulu bagi Nya serta bagi gereja umat Allah. Sepanjang sejarah, banyak orang yang dengan sadar mengabdikan diri kepada Allah lewat gereja-Nya dalam berbagai karya.

Sejarah dan Pengertian Romo Projo

Dalam perbedaan Romo Pr dan SJ, Projo merupakan imam diosesan di Gereja Katolik. Seminari Tinggi Projo Indonesia pertama kali dibuka pada tanggal 15 Agustus 1936 di Muntilan. Selama perkembangannya seminari ini kerap berpindah-pindah tempat. Pada akhirnya sepuluh tahun kemudian tepi Kali Code menjadi rumah tetapnya.

Karena anggotanya semakin bertambah banyak, rumah tersebut tak lagi mampu menampung. Akhirnya, Seminari Agung Santo Paulus, Keuskupan Agung Semarang menghuni gedung baru di Kentungan, Yogyakarta. Di tahun-tahun berikutnya didirikan di wilayah lain.

Imam-imam projo merupakan hasil berkembangnya gereja di Indonesia yang memunculkan imam-imam pribumi. Mereka ingin mempersembahkan hidupnya untuk gereja. Bahkan ada yang mendaftarkan diri untuk mengabdi pada keuskupan sebagai pekerja.

Dari situlah mengapa disebut sebagai Imam Diosis atau Imam Keuskupan. Sementara Serikat Yesus disebut dengan ordo. Hal tersebut menjadi perbedaan Romo Pr dan SJ yang kentara. Imam-imam Projo mendapat tugas dalam karya paroki. Mereka terjun dalam karya social, kepemudaan, pembinaan rohani, pendidikan, dosen, pastor tentara, wartawan, pastor pramuka, pemimpin retret, ketua yayasan pendidikan hingga penyuluh pertanian. 

Perbedaan Romo Pr dan SJ yang Tidak Banyak Diketahui
Perbedaan Romo Pr dan SJ yang Tidak Banyak Diketahui

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Seluk-beluk Romo Serikat Jesuit

Serikat Yesus atau juga dikenal dengan Yesuit atau Jesuit kerap kali dikenal karena kedisiplinannya. Menurut sejarahnya, serikat ini sudah ada sejak tahun 1534. Serikat ini didirikan oleh beberapa mahasiswa pascasarjana teman-teman Ignatius Loyola dari Universitas Paris.

Setelah mendapat izin dari Paus dan melalui berbagai hal, akhirnya di tahun 1554 Konstitusi Serikat Yesus disahkan. Ordo Yesuit telah memiliki lebih dari 20.000 anggota yang tersebar di di 112 negara mencakup 6 benua serta menjadi ordo terbesar di Gereja Katolik.

Serikat Yesus memiliki ciri pada pelayanannya, yaitu pendidikan tinggi sebagai yang utama. bidang misi, keadilan sosial, dan hak asasi manusia. Perbedaan Romo Pr dan SJ yang mungkin tidak terlalu mencolok.

Santo Fransiskus Xaverius dan beberapa imam lain yang mengawali karya Yesuit di Indonesia sejak datang ke Maluku pertengahan abad ke-16. Melalui berbagai lika-liku di Indonesia, kini karya Yesuit telah tersebar di 7 keuskupan:

  1. Keuskupan Agung Jakarta
  2. Keuskupan Agung Semarang
  3. Keuskupan Malang
  4. Keuskupan Agung Medan
  5. Keuskupan Bogor
  6. Keuskupan Manokwari-Sorong
  7. Keuskupan Timika

Yesuit juga diketahui aktif dalam beberapa karya:

  1. Pada bidang pelayanan pastoral, Yesuit mendirikan pusat riset dan pengembangan bidang pastoral, melakukan pemimbingan retret dan rohani, serta mengajar agama.
  2. Dalam bidang pendidikan tinggi, anggota Yesuit mengajar di berbagai perguruan tinggi Indonesia dan mengelola Universitas Sanata Dharma.  
  3. Di bidang komunikasi sosial, Yesuit menerbitkan beberapa majalah dan buku sebagai karyanya.
  4. Pada bidang sosial kemasyarakatan, beberapa Yesuit berkecimpung di bidang social budaya dan kemasyarakatan.

Dari penjelasan di atas maka semakin jelas pengertian keduanya. Apabila kita menemui romo-romo dengan dua singkatan tersebut di belakang namanya, maka sudah mengetahui bagaimana perjalanan kisahnya. Dari sini, perbedaan Romo Pr dan SJ jadi makin dipahami semua umat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *