Perbedaan Katolik dengan Kristen Protestan Secara Umum

Perbedaan Katolik dengan Kristen Protestan Secara Umum

Terlihat sama namun ternyata ada perbedaan Katolik dengan Kristen Protestan yang tidak diketahui banyak orang. Bahkan bagi mereka yang beragama Katolik dan Kristen sendiri kerap kali tidak mengetahui hal tersebut. Pasalnya ada banyak kesamaan antara Agama Katolik dan Kisten itu sendiri.

jika dilihat sekilas memang hampir tidak ditemukan perbedaan. Selain mencari perbedaannya, tentu perlu dipahami pula kesamaan dari keduanya. Hal ini menarik untuk dipelajari dan dibahas sehingga baik umat Katolik maupun Kristen sama-sama bisa memahaminya.

Sama-Sama Mengakui Bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat

Salah satu persamaan yang paling mencolok dan mudah diketahui yaitu keduanya mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat dunia. Dalam pengakuan iman kedua agama ini memang percaya bahwa Allah telah turun ke dunia dan menjelma sebagai manusia dalam diri Yesus Kristus untuk menebus orang berdosa. Terlihat bahwa tidak ada perbedaan Katolik dengan Kristen pada hal ini.

Penebusan yang dilakukan Yesus terwujud dari kematian-Nya di kayu Salib. Tidak seperti manusia biasa yang mati untuk selama-lamanya, Yesus bangkit dan hidup hingga hari ini. Yesus naik ke surga duduk disebalah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa untuk menyiapkan tempat bagi mereka yang percaya kepada-Nya.

Selain itu, persamaan lainnya terletak dari tempat ibadah dan hari raya. Agama Katolik dan Kristen sama-sama beribadah di Gereja dengan Hari Raya Natal, Jumat Agung, Paskah, Kebangkitan Yesus Kristus, dan Pentakosta. Tak hanya itu, keduanya juga memiliki cerita kenabian yang sama.

Namun di luar semuanya itu ternyata ada banyak perbedaan antara keduanya. Perbedaan tersebut yang pertama terletak pada pemimpin agama. Agama Katolik dipimpin oleh seorang Romo atau Pastur yang harus seorang laki-laki sedangkan Agama Kristus dipimpin oleh seorang Pendeta, boleh laki-laki atau perempuan.

Perbedaan Katolik dengan Kristen

Setelah memperlajari kesamaan yang ada, tentu selanjutnya Anda perlu memahami beberapa perbedaan dari keduanya seperti di bawah ini.

  • Salib: Tidak Ada Tubuh Kristus

Perbedaan selanjutnya terletak pada Salib yang merupakan lambang kemenangan kedua agama tersebut. Salib di Katolik terdapat “Tubuh Kristus” terpaku merupakan Lambang Salib Umat Katolik. Sedangkan pada Kristen tidak ada “Tubuh Kristus” yang melambangkan bahwa Yesus telah bangkit.

  • Katolik Ada 7 Sakramen Suci, Sedangkan Kristen Hanya 2

Perbedaan Katolik dengan Kristen yang lain ada pada sakramen suci. Agama Katolik mengakui 7 sakramen suci gereja, yaitu Sakramen Baptis, Krisma, Pengakuan dosa, Ekaristi,Pengurapan orang sakit, Perkawinan, dan Imamat. Sedangkan pada Agama Kristen hanya mengakui Sakramen Baptis dan Perkawinan saja.

  • Katolik Mengakui Kitab Deuterokanonika, Kristen Tidak

Alkitab dibagi 2, yaitu Kitab Perjanian Lama yang terdiri dari 39 kitab, dan Kitab Perjanjian Baru ada 66 kitab. Inilah yang diakui Agama Kristen. Sedangkan Agama Katolik mengakui adanya 9 kitab lain yang disebut dengan Kitab Deuterokanonika.

  • Katolik Mengakui Hirarki Gereja dan Paus Sebagai Pemimpin Tertinggi, Kristen Tidak

Dalam Agama Katolik mengakui adanya hirarki gereja. Hirarki ini menunjukkan susunan urutan pemimpin iman. Seperti Indonesia memiliki presiden, menteri, DPR, dan lain-lain. Sedangkan pada Katolik hierarkinya terdiri dari Paus, Kardinal, Uskup, Imam/Romo/Pastur, dan Diakon tertasbih.

Perbedaan Katolik dengan Kristen Protestan Secara Umum
Perbedaan Katolik dengan Kristen Protestan Secara Umum

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Perbedaan Lain yang Perlu Dipahami dengan Baik

Selain perbedaan di atas, terdapat beberapa perbedaan lain yang perlu dimengerti oleh kedua belah pihak umat sebagai landasan toleransi.

  • Hidup Selibat bagi Pemimpin Umat (Pastur, Biarawan, dan Biarawati)

Agama Katolik percaya dan mengharuskan pemimpin Agama mereka hidup selibat atau tidak menikah seperti Yesus. Hal ini supaya pelayanan tertuju pada Tuhan saja. Sedangkan pada Agama Kristen, pemimpin ibadahnya (Pendeta) boleh menikah dan beranak cucu.

  • Pengakuan Orang Kudus

Gereja Katolik mengakui akan adanya “Orang Kudus” digelari dengan sebutan Santo (laki-laki) dan Santa (perempuan). Sedangkan pada Gereja Kristen tidak mengakui akan adanya “Orang Kudus”.

  • Tata Susunan Ibadah dan Doa-Doa

Perbedaan selanjutnya terletak pada susunan ibadah dan doa-doa di dalamnya. Pada Gereja Katolik mengenal akan adanya Kalender Liturgi untuk mengatur bacaan Kitab Suci umat Katolik Roma diseluruh dunia, sedangkan pada Gereja Kristen tidak.

Agama Katolik juga mempercayaai adanya Doa Rosario, Doa Novena (ada banyak misalnya Novena Tiga Salam Maria, Novena Hati Kudus yesus, dan lain-lain). Sedangkan pada Agama Kristen tidak mengenal doa-doa tersebut.

Perbedaan ada sebagai sarana memperkaya budaya. Perbedaan bukan dijadikan ajang adu siapa yang benar atau salah. Toleransi adalah mutlak karena toleransi adalah salah satu bentuk dari kasih seperti yesus sendiri adalah Kasih. Jadi meski ada perbedaan Katolik dengan Kristen itu bukan penghalang untuk saling mengasihi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *