Misa Online Minggu Memberikan Rahmat bagi Umat Katolik

Misa Online Minggu Memberikan Rahmat bagi Umat Katolik

Pimpinan tertingi gereja Katolik Paus Fransiskus menyarankan agar umat Katolik mengikuti Misa online Minggu sebagai alternatif melakukan ibadah. Hal ini ditujukan agar penyebaran virus Corona bisa dikendalikan dan keadan bisa normal seperti semua.

Pemerintah sendiri juga telah mengeluarkan surat larangan beribadah ke gereja dan menganjurkan agar masyarakat melakukan ibadah dari rumah. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan mengikuti misa online. Karena dengan konsep apa pun misa diselenggarakan, jika Anda mengikutinya dengan hati yang tulus, inti dari misa tersebut pasti bisa Anda rasakan.

Yang utama dari misa adalah berkat yang bisa diperoleh dari misa tersebut, dan berkat yang dimaksud hanya tampak dari perbuatan yang kita lakukan sehari – hari. Merayakan Misa online Minggu merupakan kewajiban seluruh umat Katolik, dan tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

Oleh karena itu, di tengah pandemi Covid-19 ini, misa dilakukan dari rumah dengan mengikuti misa online baik dari radio atau internet. Walaupun sifatnya online, jiwa umat akan hadir di Gereja dan bersatu menguduskan nama Kristus.

Misa Online Minggu Memberikan Rahmat bagi Umat Katolik
Misa Online Minggu Memberikan Rahmat bagi Umat Katolik

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Tips Menjadikan Misa Online Minggu Lebih Bermakna

Yang paling utama saat mengikuti misa bukan kehadiran fisik, tetapi kehadiran batin dan pikiran dalam misa tersebut. Walaupun Anda mengikuti misa dari internet atau radio, Anda tetap bisa mendapatkan banyak berkah dari misa tersebut asalkan Anda mengikutinya dengan sungguh-sungguh.

  • Berkumpul Bersama Keluarga Mengikuti Misa Online

Agar Misa online Minggu jadi lebih bermakna, sebaiknya Anda berkumpul bersama seluruh anggota keluarga, dan sama-sama mengikuti misa tersebut. Suasana misa akan terasa lebih meriah jika dilakukan bersama orang lain. Hal ini juga sangat baik untuk merekatkan hubungan antar anggota keluarga, dan memperoleh berkat bersama-sama.

  • Hadirkan Suasana Ibadah di Rumah

Tips lain yang perlu Anda lakukan agar mendapatkan suasana hikmat saat melakukan misa adalah menghadirkan suasana ibadah di dalam rumah. Anda perlu membuat tempat misa dengan mengatur ruangan seperti di gereja.

Yakni dengan menyalakan lilin, membuat meja ekaristi, menaruh patung bunda Maria, menaruh beberapa bunga sebagai dekorasi dan hal lainnya. Suasana ibadah yang dibangun di Rumah akan membuat Ibadah jadi lebih bermakna.

  • Fokuskan Diri untuk Menyambut Kehadiran Tuhan dalam Hati

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa yang utama dari misa adalah kesiapan batin menyambut tuhan hadir dalam diri kita. Percuma mengikuti misa di gereja jika pikiran dan hati Anda tidak berada di gereja tersebut.

Walaupun Anda mengikuti misa dari rumah, batin dan pikiran Anda bisa bersatu di gereja memuliakan nama Tuhan berkat Misa online Minggu tersebut. Jadi, jauhkan pikiran lain seperti apakah ibadah yang dilakukan akan diterima atau tidak.

  • Download Teks Misa Sebelum Misa Online Dimulai

Misa online sebenarnya sama dengan misa pada umumnya, hanya saja Anda tidak langsung hadir di dalam gereja. Agar misa online bisa dirasakan dengan nyata, maka Anda juga perlu mendownload teks misa online tersebut. Biasanya teks misa dicantumkan pada link streaming misa online tersebut, agar umat bisa mengikuti misa dengan baik.

Pentingnya Berdoa Sebelum Misa Dimulai

Persiapan diri yang baik sangat penting dilakukan sebelum mengikuti misa online. Sebaiknya sebelum misa online dimulai ada baiknya Anda berdoa terlebih dahulu atau membaca beberapa renungan rohani. Dengan demikian pikiran dan hati Anda nantinya siap mengikuti misa online tersebut, dan makna dari misa bisa Anda serap dengan baik.

Anda bisa mengucapkan doa Novena atau doa Rosario sebelum misa online dimulai agar hati dan pikiran Anda betul-betul bersih menyambut misa tersebut. Dengan demikian, Misa online Minggu akan memberikan rahmat melimpah untuk Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *