Mengapa Umat Kristen Harus Dibaptis

Mengapa Umat Kristen Harus Dibaptis?

Mengapa Umat Kristen Harus Dibaptis – Ada banyak pertanyaan mengenai aturan Gereja dan juga tata cara pembaptisan. Sebagai satu aspek vital di umat Kristen pastinya proses Baptis dilakukan untuk menjadi satu dan mendapat hubungan baik dengan Allah. Oleh sebab itu proses Baptis biasanya dilakukan pada saat bayi. Ataupun pada kondisi dimana umat Kristen sudah bisa belajar mengenai Allah dan menjadi murid Yesus. Pertanyaannya, mengapa umat Kristen harus dibaptis?

Tentu, pertanyan seputar pentingnya seorang umat Kristen harus dibaptis harus melihat banyak aspek. Maka dari itu kita tidak bisa melewatkan sejarah dan juga isi dari Alkitab untuk menyimpulkan kenapa seorang umat Kristen harus dibaptis.

Mengapa Umat Kristen Harus Dibaptis?

Berbagai pendapat dan juga sumber mengenai pentingnya baptis pada umat Kristen memang harus ditelaah kembali. Karena itulah, kita bisa melihat seperti apa pentingnya menjaga kualitas iman dengan cara dibaptis. Lalu mengapa Umat Kristen harus melakukan proses pembaptisan?

  1. Mendapat Hubungan Baik Dengan Yesus Kristus

Tuhan selalu memberi ruang untuk setiap umatnya. Karena itulah dalam keadaan berdosa sekalipun kita masih diberi peluang untuk bertobat. Hubungan baik dengan Allah menjadi alasan kenapa umat Kristen harus dibaptis. Karena itulah terbukanya Kerajaan Allah dan menjadi satu sebagai keluarga yesus Kristus membuat umat Kristen semakin nyata dalam menerapkan ajaran Tuhan di kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Baptis dan Perjamuan Kudus Dalam Kristen

Sekarang pertanyaan mengapa Umat Kristen harus dibaptis pasti kita cukup bingung meskipun proses pembaptisannya tidak sulit. Setiap manusia memiliki dosa, untuk itulah proses baptisan bagi Umat Kristen bisa menjadi lambang akan hubungan baik dengan Allah.

  • Menjadi Wujud Percaya akan Yesus Kristus

Proses baptis juga menjadi lambang bahwa Umat Kristen sudah percaya dan siap menyebarkan semua ajaran baik Yesus Kristus. Sebagai sang juru selamat dunia, Yesus Kristus juga tidak luput dari proses pembaptisan. Karena itulah, ada banyak makna bisa didapatkan dari proses Baptisan. Namun, paling bisa kita lihat adalah sebagai wujud bahwa seorang Umat Kristen sudah mengakui dan siap untuk menjalankan semua perintah Tuhan.

Seringkali pembaptisan air diartikan sebagai jaminan keselamatan, akan tetapi hal ini masih kurang tepat, sebab keselamatan seorang Umat Krsiten harus melihat perilaku hidupnya. Jadi mengapa Umat Kristen harus dibaptis pastinya melihat bagaimana proses hidupnya setelah dibaptis hingga kepercayaan menuntunnya ke dalam Kerjaan Surga.

  • Menjadi Bentuk Persiapan Pewartaan Kabar Gembira

Setiap Umat Kristen memiliki tugas menyebarkan kabar gembira. Bukan hanya itu, perilaku hidup baik dan juga menjaga toleransi menjadi salah satu wujud baik dari sifat Yesus Kristus. Memang tidak mudah, akan tetapi dengan adanya proses pembaptisan tersebut menjadi bukti bahwa Umat Kristen sudah dianggap bisa melakukan berbagai macam tugas sesuai dengan fungsinya di Gereja.

Baca juga : Bolehkah Anak Kecil Ikut Perjamuan Kudus Kristen

Sebagai wadah, pastinya Gereja bisa membimbing setiap Umat Kristen untuk bisa mendapat jalan kebenaran menuju Tuhan. Akhirnya alasan Umat Kristen harus dibaptis pastinya melihat seberapa besar peluang setiap umat untuk menyelesaikan misinya di dunia.

Arti dan makna pembaptisan bagi Umat Kristen bukan hanya ada ikatan perjanjian saja. Namun, dari implementasi hidup setiap umat sebisa mungkin serupa dengan perjalanan Yerus dan perbuatannya dalam menebus semua dosa manusia. Ada banyak pertanyaan seputar perlunya baptis bagi umat Kristen, namun sekarang Anda bisa mengerti mengapa Umat Kristen harus dibaptis, pastinya melihat kembali peran penting setiap Umat Kristen dalam menjalankan misi selama di dunia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *