Makna Sakramen Ekaristi yang Penting bagi Iman Katolik

Makna Sakramen Ekaristi yang Penting bagi Iman Katolik

Mengulas berbagai makna Sakramen Ekaristi yang sebenarnya ada 3 makna utama dan sebagai dasar inti perayaan. Sakramen Ekaristi adalah perayaan atau cara berdoa umat Kristen dan Katolik di dalam Gereja. Perayaan Ekaristi diadakan setiap hari dan umat harus mengikuti perayaan Ekaristi minimal seminggu sekali.

Sebagai umat Kristen atau Katolik yang tidak pernah mengikuti perayaan Ekaristi tentu hampa iman mereka. Hal ini dikarenakan Sakramen Ekaristi sebagai puncak dari seluruh perayaan umat Katolik dan Kristen. Sehingga umat atau jemaat akan berkumpul di Gereja untuk melakukan perayaan Ekaristi.

Mengikuti perayaan Ekaristi setiap minggu tanpa mengetahui apa makna Sakramen Ekaristi tentu sangat aneh. Anda tidak akan merasakan makna yang cukup dalam dan arti dasar dari perayaan Ekaristi. Oleh sebab itu simak penjelasan dibawah ini mengenai makna dan arti Sakramen Ekaristi agar lebih banyak pengetahuannya.

Makna Sakramen Ekaristi yang Penting bagi Iman Katolik
Makna Sakramen Ekaristi yang Penting bagi Iman Katolik

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

3 Makna Perayaan Sakramen Ekaristi bagi Iman Gereja Katolik

Ada banyak makna Sakramen Ekaristi yang sangat penting bagi kehidupan iman para umat Gereja Katolik. Terdapat 3 makna dasar dari perayaan Ekaristi yang harus diketahui oleh seluruh umat Gereja Katolik. Tanpa mengetahui makna membuat perayaan Ekaristi yang dilakukan seperti menghadiri suatu acara tanpa tahu maksudnya.

  1. Pegingat Karya Penyelamatan Allah

Makna dari Sakramen Ekaristi yang pertama yaitu pengingat akan karya penyelamatan Tuhan Allah. Manusia yang penuh dosa tidak bisa bersatu dengan Allah sehingga Yesus hadir sebagai juru selamat. Yesus anak Allah telah menjadi manusia untuk karya penyelamatan sehingga wafat di kayu salib dan akhirnya bangkit.

  • Sebagai Bentuk Persatuan dengan Kristus

Terdapat sabda Tuhan yang memiliki makna Sakramen Ekaristi sebagai bentuk bersatunya umat manusia dengan Yesus Kristus. Saat mengikuti perayaan Ekaristi, Anda pasti sering mendengar “Barang siapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku maka aku akan tinggal dalam dia dan ia tinggal dalam aku”.

Dengan simbol tubuh dan darah Kristus yang Anda makan maupun minum dalam perayaan Ekaristi. Sebagai wujud bersatunya umat manusia dengan Allah melalui perayaan Ekaristi. Sehingga untuk mendalami maknanya, maka setiap umat Katolik atau Kristen diwajibkan untuk mengikuti perayaan Ekaristi minimal satu minggu sekali.

  • Wujud Kesatuan Umat Satu Tujuan

Dalam perayaan Ekaristi juga sebagai media berkumpulnya jemaat wujud kesatuan umat satu tujuan. Pada saat perayaan Ekaristi diibaratkan Yesus sebagai tuan rumah dan jemaat yang datang memiliki tujuan sama. Tujuannya mengingat karya keselamatan Tuhan Yesus dan melakukan pertobatan untuk hidup lebih dekat dengan Tuhan.

Arti Sakramen Ekaristi yang Biasa Dilakukan Umat Gereja Katolik

Mengulas arti dan makna Sakramen Ekaristi dalam ajaran Katolik yaitu sebagai perayaan roti dan anggur kemudian menjadi tubuh dan darah. Dalam perayaan Ekaristi mencangkup banyak hal yang menjadi dasar iman umat Katolik. Selain mengingat karya penyelamatan juga tentang pertobatan atas dosa-dosa yang sudah dilakukan manusia.

Setiap kali mengikuti perayaan Ekaristi, umat akan mendapatkan hosti sebagai lambang tubuh dan anggur lambang darah Yesus. Hal ini menjadi bukti kalau perayaan Ekaristi semakin mendekatkan umat kepada Tuhan. Dari perayaan Ekaristi juga mengajarkan banyak hal dari doa Bapa Kami yang diajarkan oleh Tuhan Yesus.

Begitu dalam makna dari Sakramen Ekaristi yang sangat penting bagi iman Gereja maupun umat Katolik. Begitu pentingnya Sakramen Ekaristi maka setiap umat diwajibkan untuk mengikuti minimal seminggu sekali. Semakin dalam mengetahui bagaimana makna Sakramen Ekaristi maka akan semakin besar semangat mengikuti Ekaristi setiap minggunya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *