doa bapa kami

Makna Doa Bapa Kami Bagi Umat Katolik dan Kristen

Doa Bapa Kami merupakan doa yang memiliki makna mendalam serta sangat penting bagi umat Kristen maupun Katolik. Tuhan Yesus mengajarkan dua nasihat melalui doa ini yaitu agar tidak berdoa seperti orang munafik. Serta tidak bertele-tele ketika berdoa seperti orang yang mengatur dan tidak mengenal Allah.

Bapa Kami sering digunakan dalam berdoa di Gereja bahkan sudah menjadi bagian penting dalam iman Katolik ataupun Kristen. Doa ini juga memiliki suatu makna yang sangat penting dan mendalam. Doa ini juga sudah diajarkan Yesus dan mempunyai manfaat banyak kepada umat-Nya. Oleh karena itu sebaiknya ketahui apa saja maknanya agar semakin mendekatkan diri dengan Yesus dan Bapa.

Baca juga : Doa Tobat

3 Makna Dari Berdoa Bapa Kami yang Menarik Diketahui

Mendoakan doa ini setiap hari merupakan hal yang biasa dilakukan umat Katolik dan Kristen. Namun apakah Anda mengetahui apa sebenarnya makna doa Bapa itu sendiri? Berikut 3 makna yang sangat menarik untuk diketahui umat agar tidak hanya sekedar berdoa namun merasakan maknanya.

  1. Kehidupan kekal

Bapa merupakan panggilan seorang anak kepada orang tuanya yang begitu sangat dekat dan spesial. Kita diberikan kesempatan oleh Tuhan Yesus memanggila Allah dengan sebutan Bapa karena dianggap sebagai saudaranya. Yesus mendekatkan umat dengan Allah seperti hubungan anak dengan ayahnya dan merupakan berkat untuk kita semua.

  1. Mengangkat iman

Doa Bapa Kami diperuntukkan oleh Allah yang sudah mengangkat semua umatnya menjadi anak-anaknya melalui Yesus. Bahkan cara yang ditempuh Yesus sangat luar biasa dengan mati di kayu salib. Dengan ini seharusnya bisa merenungkan kalau Tuhan Yesus mengangkat iman kita dengan doa yang sudah diajarkan-Nya.

  1. Mengasihi dan merelakan

Mengasihi serta merelakan memiliki makna kalau kita selalu dikasihi Allah Bapa di Surga sampai merelakan anak-Nya. Yesus wafat di kayu salib demi menebus dosa-dosa umat manusia dan mengambil bagian dalam kehidupan ilahi. Sebagai umat hendaklah bisa mengasihi serta merelakan seperti dicontohkan Yesus sendiri.

3 Makna Lainnya Dari Doa ini yang Sangat Mendalam

Selain ketiga makna diatas masih banyak makna lainnya sangat penting dan menarik diketahui. Sudah seharusnya umat Katolik dan Kristen yang sudah lama mengikuti Tuhan mampu memahami maknanya. Agar tidak hanya sekedar mendoakan saja namun bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Penyerahan diri dan kerendahan hati

Dalam doa Bapa Kami terdapat kalimat yang menyatakan kehendak Tuhan terjadi diatas bumi seperti di Surga. Kalimat tersebut adalah sebuah kalimat yang memiliki arti sangat mendalam yaitu arti tentang penyerahan diri dan juga kerendahan hati kepada Allah. Sering kali kita masih memohon bahkan memaksa tanpa pernah percaya kalau kehendak Allah adalah yang terbaik.

  1. Pengingat rejeki adalah berkat

Terdapat kalimat “Berilah kami rejeki pada hari ini” sebenarnya mengajarkan untuk percaya setiap hari ada rejeki. Serta kata “hari ini” memiliki makna untuk mencari rejeki namun jangan sampai terlalu serakah. Nikmati rejeki penuh rasa syukur dan tetap percaya kalau hari esok sudah disiapkan rejekinya sendiri.

  1. Mengampuni dan diampuni

Dalam doa ini meminta ampunan seperti mengampuni sesama yang bersalah tanpa adanya dendam. Yesus mengajarkan untuk bisa mengampuni orang-orang yang sudah menyakiti sama seperti kita yang ingin diampuni. Hal ini tidaklah mudah namun sebagai umat Kristen dan Katolik tentu harus bisa menerapkannya.

Tuhan Yesus mengajarkan doa dengan penuh makna sehingga tidak seharusnya jika hanya sekedar dihafalkan saja. Doa ini selalu didoakan setiap hari baik pada saat berdoa pribadi maupun ketika Misa di Gereja. Menyerap adanya suatu makna doa Bapa Kami dengan penuh arti diharapkan untuk bisa diterapkan dalam kehidupan yang ada dalam waktu sehari-hari. 

META

Keyword : doa Bapa Kami 

Deskripsi : Sebagai doa yang diajarkan oleh Yesus sendiri, doa Bapa Kami memiliki makna begitu mendalam untuk diresapi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *