Makna dan Tips Ziarah Rohani Katolik

Ziarah Rohani Katolik merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk seluruh umat Katolik. Alasannya karena kegiatan ziarah merupakan sebuah perjalanan rohani yang mampu mendekatkan diri dengan Tuhan serta menguatkan iman. Perjalanan rohani ini dianjurkan oleh Yesus sendiri kepada murid – muridnya agar semakin dekat dengan pencipta.

Seringkali kehidupan ini dilambangkan sebagai sebuah perjalanan. Manusia hidup di dunia layaknya melakukan perjalanan menuju ke tempat abadi yakni Surga. Perjalanan rohani dilakukan sebagai persiapan untuk menuju keabadian tersebut. Kaum Rohaniawan sendiri menilai bahwa perjalanan rohani ini merupakan latihan menuju tempat persinggahan akhir.

Biasanya napak tilas rohani dilakukan ke Tanah Suci, atau tempat – tempat yang berkaitan dengan orang suci. Pada awalnya perjalanan rohani tersebut dilakukan ke tempat yang berhubungan dengan sengsara dan Kebangkitan Tuhan, seperti Yerusalem, makan Santo Petrus, dan yang lainnya. 

Saat ini ziarah tersebut banyak juga dihubungkan dengan Santa Perawan Maria, seperti tempat terjadinya penampakan Bunda Maria, dan yang lainnya. Satu hal yang pasti adalah perjalanan rohani sangat baik untuk menguatkan iman serta membuat kehidupan jadi lebih bermakna. Jika Anda punya kesempatan untuk melakukannya maka lakukan kegiatan ziarah ini sekarang juga. 

Tips Ziarah Rohani Katolik yang Perlu Diketahui

Untuk melakukan perjalanan tentu persiapan matang perlu dilakukan. Tujuan agar perjalanan tersebut nantinya berjalan dengan lancar tanpa mengalami hambatan. Melakukan napak tilas ke Tempat Suci juga memerlukan persiapan. Berikut ini beberapa tips yang perlu diterapkan agar ziarah memberikan banyak makna untuk anda. 

  1. Tentukan Tempat Ziarah yang Paling Cocok

Hal pertama yang paling penting dilakukan adalah menentukan tempat suci yang ingin dikunjungi terlebih dahulu. Biasanya napak tilas rohani ada dua jenis, yakni melakukan perjalanan jauh atau dekat. Perjalanan jauh biasanya dilakukan ke Yerusalem atau Vatikan. Sedangkan perjalanan dekat dilakukan ke goa Maria yang ada di Indonesia

  1. Siapkan Perbekalan Sebaik Mungkin

Setelah menentukan tempat suci yang hendak dituju, hal lain yang penting dipersiapkan adalah bekal dalam perjalanan. Hal itu dikarenakan kegiatan ziarah dilakukan dengan berjalan kaki sehingga Anda harus membawa bekal dengan sebaik mungkin. Bekal utama yang perlu dibawa adalah air minum dan juga Rosario. Saat berjalan peziarah biasanya melafalkan doa Rosario agar semakin dekat dengan Tuhan. 

  1. Bergabung Dengan Kelompok dalam Perjalanan

Saat melakukan Ziarah Rohani Katolik maka pastikan untuk tidak berjalan seorang diri. Jauh lebih baik berjalan bersama rombongan atau kelompok peziarah agar tidak kesepian atau semakin terlindungi. Bersama kelompok nantinya napak tilas semakin mudah dilalui karena bisa sambil berdoa bersama atau menyanyikan lagu – lagu rohani. 

  1. Jadilah Seorang Peziarah Bukan Wisatawan

Pastikan juga saat melakukan napak tilas ke tempat suci fokuskan tujuan utama untuk berziarah bukan untuk berwisata. Kebanyakan orang malah terlalu asik berfoto, sehingga maka ziarah tidak didapatkan nantinya. Usahakan untuk tidak menggunakan kamera terlalu sering dan fokuskan diri untuk semakin dekat dengan Tuhan. 

Maknanya Bagi Orang Katolik

Dalam gereja Katolik sendiri kegiatan berziarah sudah menjadi tradisi yang terus dilakukan hingga saat ini. Pada awal mulanya Yesus menyuruh murid – muridnya untuk melakukan perjalanan. Tujuannya agar para murid semakin dekat dengan diri sendiri dan juga semakin dekat dengan Sang Pencipta. Tradisi ini kemudian dilanjutkan oleh orang Katolik hingga saat ini.

Tentu saja Ziarah memberikan banyak makna sehingga kegiatan yang satu ini sangat penting dilakukan. Salah satu maknanya adalah sebagai ungkapan syukur. Dengan berziarah kita dituntut untuk mengucap syukur atas kesempatan yang diberikan mengunjungi tempat suci. Selain itu dengan berziarah juga kita semakin paham dengan sejarah iman. Oleh karena itu Ziarah Rohani Katolik penting dilakukan.   

Keyword : Ziarah Rohani Katolik

Deskripsi : Ziarah Rohani Katolik memberikan banyak makna. Agar perjalanan rohani ini nantinya semakin bermakna maka persiapan baik sangat penting dilakukan. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *