Kota Bethlehem img

Menikmati Keindahan dan Keagungan Kota Bethlehem

Bethlehem merupakan kota kecil yang terletak di Yudea dan berjarak sekitar 10 km sebelah Selatan kota Jerusalem. Kota Bethlehem sangat dikenal olah umat Kristiani seluruh dunia dikarenakan sebagai kota kelahiran Yesus. Kata Bethlehem mempunyai arti sebagai ‘rumah daging’ menurut bahasa Arab. Namun dibahasa Ibrani, Bethlehem mengandung mana sebagai ‘rumah roti’

Alkitab sendiri mencatat beberapa kisah sejarah di kota Bethlehem seperti kisah Ruth, Raja Daud dan Rachel. Kota Bethlehem berada diketinggian 770 m dari permukaan laut namun tidak jauh dari kota ini terdapat gurun Judea yang gersang, oleh karena itu kota ini berada tidak jauh dari kota-kota lain selain Jerusalem seperti Hebron, Bethel dan Beersheva sehingga jalur antara kota-kota itu semua dikenal sebagai jalur Bapa Segala Bangsa (Abraham). Para peziarah bila ke Bethlehem selalu mengunjungi 2 tempat terkenal yaitu Gereja Kelahiran Yesus (Church of Nativity) dan Gereja Padang Gembala (Shepherd’s Field)

Destinasi Ziarah Kota Bethlehem

Gereja Kelahiran Yesus

Apabila ingin berkunjung ke gereja tempat kelahiran Yesus, pengunjung harus melewati lebih dulu halaman yang sangat panjang dan luas. Setelah itu akan masuk ke Basilika Kelahiran, yang dari arah luar terlihat seperti bangunan benteng.

Di sisi kiri dan kanan Basilika tersebut terdapat tiga biara. Pertama adalah biara Katolik OFM dan yang kedua Ortodoks Yunani serta yang ketiga Ortodoks Armenia. Ketika terjadi perang salib, semua pintu masuk kedalam gereja direndahkan ukurannya agar tidak ada musuh yang dapat memasukinya.

Namun pada sisi yang lain perubahan ukuran pintu ini juga dimaksudkan agar setiap peziarah mau merundukan kepala serta merendahkan diri dihadapan Tuhan. Karena itu banyak warga kota Bethlehem yang menyebut pintu ini dengan nama Pintu Kerendahan Hati.

Saat berada di sisi kanan basilika, pengunjung dapat menyaksikan penggambaran silsilah dari Yesus Kristus. Sedangkan di sisi kirinya terdapat suatu gambar ekaristi yang juga bersumber dari kisah Yesus. Kemudian pada lantai utamanya bisa dijumpai sisa-sisa hiasan mozaik yang merupakan peninggalan era Konstantinus.

Basilika Kelahiran

Begitu memasuki Basilika Kelahiran, dibawah altar utama Ortodoks Yunani pengunjung bisa langsung turun melalui tangga untuk menuju Gua Kelahiran Yesus. Tempat ini dikasih tanda berbentuk bintang. Disebelah kanannya ada sebuah palungan. Di palungan inilah bayi Yesus diletakan tidak lama setelah lahir.

Gereja Padang Gembala

Gereja Padang Gembala yang berada di Bet Sahur, sebelah timur kota Betlehem. Menurut cerita, Padang Gembala ini menjadi tempat malaikan memberi kabar atas kelahiran Yesus pada para penggembala domba.

Obyek Wisata Ziarah Lainnya

Selain gereja dan Basilika Kelahiran, masih banyak sekali destinasi wisata di Bethlehem yang sangat menarik untuk dijadikan tempat berziarah. Misalnya Gereja St. Katarina yang dimiliki oleh penganut Katolik Roma. Setiap tanggal 24 Desember, gereja yang dibangun pada tahun 1881 menyelenggarakan misa agung.

Destinasi ziarah berikutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu pemakaman istri Yakub, Rahel yang merupakan nenek moyang dari bangsa Israel. Selama berabad-abad kuburan ini menjadi tempat ziarah bagi penganut ajaran Kristen dan Yahudi.

Tertarik untuk menikmati keindahan dan keagungan Kota Bethlehem?? Klik di sini

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *