pernikahan di kana photo

Mukjizat Pertama Yesus dan Gereja Pernikahan di Kana

Saat melakukan peziarahan ke Holyland, terdapat suatu lokasi yang sangat indah dan berkesan bagi para pasangan suami-istri. Tempat ini merupakan tempat dimana Yesus Kristus menunjukkan mujizat-Nya atas permintaan Bunda Maria Ibu-Nya.

Dalam Yohanes 2: 1- 12, Yesus dan Ibu-Nya diundang dalam suatu pesta pernikahan di Kana. Saat berlangsungnya acara ternyata mereka kekurangan anggur, melihat hal itu Bunda Maria meminta pertolongan Yesus untuk mengubah air menjadi Anggur. Hal ini dibuat oleh Yesus di Kana sebagai yang pertama dari tanda-tandaNya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemulianNya.

Kana merupakan sebuah kota di Galilea yang terletak lima mil timur laut Nazaret. Populasinya 8.500 termasuk Muslim dan Kristen. Lokasi Kana yang dikunjungi oleh Yesus sampai saat ini masih diperdebatkan dan tidak diketahui secara pasti. Namun Kana merupakan salah satu situs di Holyland yang masih tradisional dan mempertahankan keasliannya.

Di Kana terdapat suatu gereja yang dibangun oleh Ratu Helena pada abad ke 4.  Kemudian gereja tersebut mendapat berbagai renovasi kembali pada abad ke 17 sampai dengan abad ke 19. The Fransiscan Wedding Church (Gereja Kana) merupakan gereja yang paling terkenal di Kana. Tampak depan, gereja tersebut memiliki patung dengan rupa malaikat yang diapit oleh dua Menara bel.

Gereja Pernikahan di Kana memiliki dua tingkat. Pada bagian atas gereja, terdapat kapel yang memiliki sebuah kubah sederhana. Dan sesaat sebelum tangga terdapat sebuah fragmen mosaik Bizantium yang berasal dari abad ke-5 atau ke-6 .  Di bagian bawah gereja terdapat kapel dan sebuah museum kecil dengan artefak dari situs tersebut, termasuk tempat pemerasan anggur, bak air dan bejana yang ditempeli berbagai kurma. Di sini juga terdapat satu toples tua yang disebut-sebut sebagai salah satu dari enam toples yang digunakan Yesus saat mengubah air menjadi anggur. Sedangkan untuk wilayah luar Gereja, sepanjang perjalanan di Kana para peziarah akan menemukan banyak toko-toko yang menjual anggur dengan label Cana Wedding Wine.

Dalam kehidupan suami-istri, menjaga hubungan pernikahan merupakan suatu hal yang penting. Setiap pasangan dalam iman Katolik telah mengikat janji pernikahan dan menerima sakramen pernikahan. Melalui Sakramen Pernikahan inilah Tuhan memberikan rahmat secara khusus kepada pasangan-pasangan yang menikah untuk menghadapi berbagai macam tantangan yang timbul terutama dalam membesarkan anak-anak dan mendidik mereka untuk takut akan Tuhan.

Bagi para pasangan suami-istri, Gereja Pernikahan di Kana anda dapat mengukir kenangan-kenangan indah dan kembali mengikat janji suci pernikahan dengan membuat peneguhan atau pembaharuan kembali. Melalui pembaharuan janji pernikahan diharapkan para pasangan suami-istri semakin saling mencintai, menjaga dan terus bertumbuh di dalam Yesus Kristus.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *