Kalender Liturgi Katolik 2020 Bulan Agustus Lengkap

Kalender Liturgi Katolik 2020 Bulan Agustus Lengkap

Kalender liturgi Katolik 2020 Bulan Agustus sudah bisa Anda baca secara lengkap melalui aplikasi atau website Katolik. Kalender liturgi mengatur tentang bacaan Injil, Harian, perayaan pesta, peringatan orang kudus, termasuk hari-hari raya seperti masa prapaskah, paskah, natal, dan lain-lain.

Dalam umat katolik sendiri, aturan tersebut dibuat selama satu tahun dan berpusat pada Gereja Katolik Roma di Vatikan. Sehingga setiap bacaan, perayaan, dan aturan Gereja Katolik Roma di seluruh dunia selalu sama.

Anda tidak perlu khawatir apabila berada di tempat yang jauh dari rumah, asal itu Gereja Katolik semuanya sama. Inilah perbedaan Gereja Katolik Roma dengan Ajaran Gereja Kristen lain.

Gereja Katolik bersumber pada satu pusat yaitu Kekuasaan Paus yang berada di Vatikan. Anda tentu perlu untuk mengetahui kalender liturgi ini. Untuk lebih memahami secara khusus tentang kalender liturgi itu sendiri, berikut penjelasannya.

Mengenal Apa itu Kalender Liturgi Katolik 2020

Secara umum masyarakat mengenal yang namanya Tahun Masehi yang dimulai pada tanggal 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember. Begitu pula dengan Kalender Liturgi yang dipercayai oleh umat Katolik. Umat Katolik memiliki aturannya sendiri sebagai perhitungan kalender liturgi.

Pada kalender liturgi atau tahun liturgi umat Katolik dimulai pada Hari Minggu Adven I, biasanya akhir November-awal Desember dan berakhir pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, biasanya di akhir November.

Tidak seperti tahun masehi yang terus bertambah, Tahun Liturgi hanya dibagi menjadi 3, yaitu A, B, dan C. Tahun-tahun tersebut digunakan untuk menentukan bacaan Injil pada Hari Minggu saja.

Sedangkan untuk misa harian diatur pada tahun Ganjil (tahun 1, tahun yang berisi angka ganjil misalnya 2019, 2021, dan lainnya) dan tahun Genap (tahun 2, tahun genap misalnya 2020, 2024, dan lainnya).

Cara menentukan tahun A, B, dan C pada kalender liturgi Katolik 2020, yaitu dengan membagi tahun yang ada dengan angka 3. Apabila tahun tersebut hasil baginya memiliki sisa 1 angka maka tahun itu masuk ke Tahun A.

Apabila sisa 2 maka masuk ke Tahun B, sedangkan apabila habis dibagi 3 maka masuk ke Tahun C. Dengan kata lain, apabila ini adalah tahun 2020 maka 2020:3=6 sisa 2. Sehingga sekarang Anda sedang masuk pada Tahun B untuk bacaan Injil dan aturan Tahun Genap untuk bacaan harian.

Tak hanya itu, pada kalender liturgi Katolik tahun 2020sendiri memiliki masa-masa liturgi khusus dan penting juga untuk Anda ketahui dan pahami. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut penjelasannya untuk Anda.

Kalender Liturgi Katolik 2020 Bulan Agustus Lengkap
Kalender Liturgi Katolik 2020 Bulan Agustus Lengkap

Masa-Masa dalam Lingkaran Tahun Liturgi di Gereja Katolik

Dalam Gereja Katolik mengenal istilah lingkaran liturgi. Lingkaran ini dibagi menjadi 3 macam masa selama setahun penuh, yaitu Masa Khusus, Masa Biasa, dan Masa Penghormatan Orang Kudus. Masa Khusus pada kalender liturgi Katolik 2020 sendiri dibagi menjadi 2.

Yaitu Masa Adven dan Natal, serta Masa Prapaskah dan Paskah. Masa Biasa mengisi 34 pekan biasa dengan puncak selalu tepat pada Hari Minggu. Masa biasa memang mengisi sebagian besar lingkaran pada tahun liturgi.

Sedangkan Masa Penghormatan Orang Kudus adalah hari-hari pesta atau peringatan orang kudus Katolik. Secara khusus ada tiga tingkat pesta yaitu Hari Raya, Hari Pesta, dan Hari Peringatan. Tak hanya itu, dalam Gereja Katolik juga mengenal yang namanya Tata Warna Liturgi.

Warna ini melambangkan hari-hari khusus sesuai makna warna yang digunakan. Ada Warna Putih untuk melambangkan kemurnian, merah melambangkan karunia Roh Kudus, hijau berarti ketenangan, ungu untuk mawas diri atau pertobatan, dan hitam untuk ketiadaan dan duka.

Kalender Liturgi Katolik 2020 Bulan Agustus Lengkap

Kalender Liturgi Bulan Agustus 2020 sendiri, dimulai pada tanggal 1 Agustus tepatnya di Hari Sabtu. Diawali dengan Peringatan Wajib St. Alfonsus Maria De Liguori, kemudian diikuti dengan Hari Minggu Biasa XVIII pada tanggal 2 Agustus hingga Hari Minggu Biasa XXII pada tanggal 30 Agustus.

Selama Bulan Agustus 2020 sendiri terdapat banyak Pesta peringatan Santo dan Santa seperti Peringatan Wajib St. Yohanes Maria Vianney pada tanggal 4 Agustus, peringatan St. Dominikus pada tanggal 8 Agustus, Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga pada tanggal 16 Agustus, dan masih banyak lagi.

Semua peringatan hari raya, peringatan santo-santa, serta berbagai hari khusus lainnya telah diatur oleh Gereja Katolik Roma sendiri. Bagi Anda yang ingin mengetahui bacaan mingguan, harian, dan bacaan khusus peringatan santo-santa bisa membacanya di kalender liturgi Katolik 2020 Bulan Agustus.

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *