Jenis Devosi dalam Agama Katolik Serta Tujuannya

Jenis Devosi dalam Agama Katolik Serta Tujuannya

Devosi dalam agama Katolik merupakan suatu bentuk doa yang tidak termasuk ke dalam bagian liturgi, tetapi disarankan agar dipraktikkan adalah kehidupan bergereja. Devosi tersebut merupakan sesuatu yang berharga dalam gereja Katolik, sehingga masih digunakan hingga sekarang. Biasnya devosi dilakukan untuk memperteguh iman dan kepercayaan akan rahmat Tuhan.

Kata Devosi dalam agama Katolik sendiri diadaptasi dari bahasa Latin, yakni “Devotio” yang artinya kebaktian, sumpah, pengorbanan, cinta bakti, dan juga kesalehan. Jadi dengan melakukan devosi kita menunjukkan sikap bakti kepada Tuhan, serta sumpah agar tetap berserah kepada Tuhan, dan berkorban kepada sesama sebagaimana ditunjukkan Yesus di kayu Salib.

Devosi berada di luar dari sebuah liturgi, karena devosi ditujukan untuk mengarahkan kita kepada penghayatan liturgi tersebut. Devosi bukan hanya dalam bentuk doa-doa saja, tetapi juga ada yang diwujudkan dalam benda-benda suci, gambar suci, dan juga pengalaman rohani seperti Penampakan Bunda Maria dan yang lainnya.

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Jenis Devosi dalam Agama Katolik Serta Tujuannya
Jenis Devosi dalam Agama Katolik Serta Tujuannya

Jenis Devosi dalam Agama Katolik

Devosi yang umum dikenal dan dilakukan dalam gereja Katolik adalah devosi dalam bentuk doa-doa. Umat Katolik biasanya melakukan devosi tersebut pada waktu-waktu khusus sebagai bentuk penghormatan kepada Karunia Allah. Berikut ini 5 jenis devosi yang biasa dilakukan dalam gereja Katolik.

  1. Jalan Salib

Jalan salib merupakan salah satu jenis Devosi yang biasa dilakukan pada masa prapaskah. Dengan melakukan Jalan Salib, umat Katolik ikut merasakan penderitaan yang dialami oleh Yesus saat memanggul salib ke Bukti Golgota. Jalan salib tersebut sering juga disebut sebagai proses mengenang Kisah sengsara Yesus Kristus dalam menebus dosa manusia.

  • Adorasi Sakramen Maha Kudus

Adorasi Sakramen Maha Kudus juga menjadi salah satu Devosi dalam agama Katolik yang rutin dilakukan, Devosi tersebut dilakukan dengan cara bersujud kepada Sakramen Maha Kudus sambil merasakan kehadiran Yesus Kristus dalam Hosti yang sudah dikonsekrasi. Biasanya adorasi Sakramen Maha Kudus dilakukan setelah perayaan Ekaristi selesai dilakukan.

  • Devosi Kepada Bunda Maria

Devosi kepada Bunda Maria dan orang kudus lainnya juga menjadi salah satu Devosi dalam gereja Katolik. Deposi tersebut dilakukan dengan cara seperti doa Rosario, dan doa lainnya. Sasaran utama dalam devosi ini adalah kepada Tuhan. Bunda Maria dan orang kudus lainnya dijadikan sebagai pengantara agar doa-doa tersebut dikabulkan oleh Tuhan.

  • Ziarah Rohani

Ziarah Rohani juga menjadi salah satu Devosi dalam agama Katolik, karena ziarah merupakan suatu fenomena religius. Orang- orang Katolik melakukan ziarah ke tempat- tempat yang telah dikuduskan, seperti tempat munculnya air suci, tempat penampakan Bunda Maria, dan yang lainnya. Ziarah sangat bermanfaat mendekatkan kita kepada Yesus Kristus.

  • Novena

Novena juga menjadi salah satu jenis devosi dalam Katolik. Novena merupakan doa yang didaraskan selama 9 hari berturut-turut agar doa permohonan dikabulkan oleh Tuhan. Jenis-jenis novena yang banyak dilakukan seperti Novena Tiga Salam Maria, Novena Kanak-kanak Yesus, Novena Kepada Hati Kudus Yesus, dan yang lainnya.

Tujuan dari Melakukan Devosi

Tujuan utama melakukan devosi bagi umat Katolik adalah menggairahkan iman dan kasih kepada Tuhan. Iman yang bergairah adalah iman yang seturut dengan semangat Yesus Kristus dan tercermin dalam tindakan dan perbuatan sehari-hari. Dengan kata lain devosi membuat kita semakin dekat dengan Allah.

Selain itu devosi juga ditujukan agar umat Katolik memiliki penghayatan yang teguh terhadap iman dan misteri karya keselamatan Allah. Melalui devosi dalam agama Katolik kebenaran iman semakin diwartakan dan memberikan buah rohani bagi umat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *