Iman Umat Katolik di Tengah Pengaruh Pandemi Corona

Inilah Doa Sebelum Belajar Katolik

Umat Katolik yang baik tentu tak pernah meninggalkan kesempatannya untuk belajar. Belajar akan membawa kita kepada pengetahuan dan kedalaman iman yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dalam belajar kita tentu perlu keberkahan dari Tuhan Yesus. Dengan rahmat-Nya niscaya kita mendapatkan pencerahan dan perlindungan dari godaan selama melakukan proses belajar. Di sinilah doa sebelum belajar serta setelah belajar menjadi sangat penting dalam hal peranannya. Kita dapat meneguhkan hati dan mendapatkan pelajaran dengan lebih mudah kala kita mengucapkan doa-doa ini. Berikut adalah Doa Sebelum belajar Katolik dan doa sesudah belajar yang dapat anda lafalkan saat hendak memulai pelajaran.

Doa sebelum belajar 1:

Allah, Bapa disurga kami berterima kasih atas waktu yang boleh kami terima ini.  Terlebih kami bersyukur atas kesempatan balajar yang kau berikan. Kami mohon kepada-Mu ya Tuhan supaya Engkau menerangi akal budi kami agar dapat menerima pelajaran dengan baik. Berilah kami kekuatan agar dapat memahami pelajaran yang akan kami pelajari ini. Berilah pula kami semangat belajar yang tinggi supaya kami dapat belajar dengan rajin, tekun, dan teratur. Bantu kami selama proses belajar ini supaya dapat memusatkan perhatian kami hanya pada pelajaran, sehingga tidak mudah terseret oleh godaan yang dapat melemahkan semangat belajar kami. Ya Tuhan bantulah dan dampingilah kami dalam belajar ini. Amin.

Doa sebelum belajar 2:

Ya Allah, Tuhan kami, aku mohon kepada-Mu supaya aku dapat belajar pada hari ini dengan baik. Bimbinglah Roh KudusMu untuk dapat menyertai aku dalam belajar, dan membantu aku dalam kesulitan belajar. Aku berusaha dengan sungguh sungguh untuk dapat mengikuti pelajaran hari ini dengan tekun. Bantu aku ya Tuhan pada mata pelajaran yang aku anggap sulit ini. Aku berserah kepada-Mu ya Tuhan semoga aku dapat berhasil dan dapat berguna bagi masa depanku. Semoga kegagalan dan kesulitan yang aku hadapi tidak membuat aku menjadi putus asa dan malas belajar. Semua doa ini kami panjatkan kepada-Mu dengan pengantaraan Yesus Kristus Tuhan kami. Amin

Doa sesudah belajar Katolik

Allah Bapa yang Maha Kasih Tuhan kami Yesus Kristus, puji syukur kami haturkan kehadiratMu. Terima kasih engkau telah menyertai kami sepanjang kami belajar. Kami akan menyudahi pembelajaran kami kali ini. Semoga apa yang kami pelajari, dapat kami pahami dengan baik, dan semoga engkau beri kelancaran dalam usaha-usaha kami di sekolah, ujian dan ulangan yang akan kami tempuh.  Berikanlah kemudahan dalam kami menjawab soal-soal yang akan kami hadapi. Kami percayakan usaha dan jerih payah kami kepadaMu. Karena bagiMu tidak ada yang mustahil. Doa yang jauh dari sempurna ini kami panjatkan melalui perantaraan Tuhan kami Yesus Kristus Amien.

Demikian itulah contoh doa sebelum dan sesudah belajar dalam agama Katolik. Anda dapat mengucapkannya sebelum dan sesudah melakukan ritual belajar. Belajar bisa tentang apa saja. Tak cuma soal sekolah, anda juga dapat menggunakan doa-doa ini untuk mengiringi perjlanan spiritual dan filosofis anda. Jadikanlah belajar sebagai bagian rutin dari kebutuhan kita sehari-hari. Alangkah lebih baik jika kita melakukan doa tidak hanya saat hendak ujian saja, melainkan menjadikan doa sebagai kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari, di setiap kesempatan, di setiap usaha yang akan kita lakukan. Agar Tuhan Yesus selalu memberikan pertolongan dalam diri kita. Berkah Dalem.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *