Iman Umat Katolik di Tengah Pengaruh Pandemi Corona

Iman Umat Katolik di Tengah Pengaruh Pandemi Corona

Masa pandemi corona membuat iman umat Katolik juga ikut terpengaruh karena Gereja dan perayaan Ekaristi ditiadakan. Gereja Katolik juga turut merasakan bagaimana dampak corona terhadap iman Katolik. Semua orang dari agama apa pun pasti merasakan kesedihan akibat dampak ini dan memengaruhi iman mereka.

Saat ini para ilmuwan sedang berusaha untuk mencari vaksin dari virus corona yang sudah merenggut banyak jiwa. Pemerintah juga berupaya semaksimal mungkin agar penyebaran virus corona di negaranya tidak meluas. Setiap orang diminta untuk berdoa dari rumah, belajar dari rumah dan bekerja dari rumah.

Melihat keadaan yang seperti ini membuat iman umat Katolik juga harus dijaga dengan melakukan beberapa cara. Ketahui cara beriman yang baik dan benar selama masa pandemi corona sangatlah penting. Lantas bagaimana pengaruh pandemi corona bagi iman, semua akan diuraikan secara sederhana dibawah ini.

Bagaimana Pengaruh Pandemi Corona bagi Iman para Umat Katolik

Pengaruh pandemi corona bagi iman umat Katolik sebenarnya sangat besar dan cukup membuat umat merasakan kesedihan. Gereja menjadi tempat yang sangat dirindukan terutama perayaan Ekaristi dengan arti mendalam. Namun sebagai umat Katolik beriman di tengah pandemi corona sangat penting untuk percaya sepenuhnya kepada Tuhan.

Hal utama yang harus dilakukan untuk menjaga iman Katolik di tengah pandemi corona adalah mengikuti aturan protokol kesehatan. Tuhan menjaga umatnya dari tangan orang lain dan itulah yang harus dipercaya. Dengan adanya pandemi ini meningkatkan kualitas iman sebagai umat Katolik sangatlah penting dan pilihan terbaik.

Iman Umat Katolik di Tengah Pengaruh Pandemi Corona
Iman Umat Katolik di Tengah Pengaruh Pandemi Corona

Baca juga :

7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Cara Beriman di Tengah Pandemi Corona Sebagai Umat Katolik

Sebagai umat Katolik, sudah selayaknya mempertahankan iman dalam kondisi apa pun, termasuk untuk saat ini. Sehingga terapkan beberapa cara di bawah ini agar iman Anda tetap teguh.

  • Berdoa

Ketika banyak Gereja harus ditutup dan tidak ada perayaan Ekaristi, bagaimana iman umat Katolik? Perlu diketahui jika Gereja di Indonesia dan dunia menyediakan layanan Misa secara online. Untuk tetap menjaga iman, ikuti Misa online atau berdoa sendiri dari rumah tanpa ada batasan.

  • Jangan Panik

Beriman di tengah pandemi corona ada dua pilihan, mendekatkan diri dari Tuhan atau menjauhkan diri. Jika semakin dekat dengan Tuhan maka jangan panik dan tetap tenang sambil berharap karena panik membuat kegelisahan dan ketakutan.

  • Jangan Menyalahkan

Sebagai umat Katolik menjaga iman di tengah pandemi corona sangat penting dengan cara jangan menyalahkan. Virus corona adalah virus asing dan merupakan musibah secara global yang dihadapi seluruh dunia termasuk Indonesia. Maka jangan menyalahkan atau mengkambinghitamkan siapapun dan negara manapun untuk menjaga iman Katolik.

  • Merawat yang Sakit

Pandemi corona mungkin berlangsung cukup lama dan ketika masa itu jika ada orang lain sakit dan meninggal lakukan sebaiknya. Sebagai orang yang memiliki iman umat Katolik sebaiknya tetap merawat yang sakit. Lakukan apa yang bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya termasuk merawat keluarga, lansia dan sesama kita.

  • Percaya Tuhan Bersama Kita

Cara beriman di tengah pandemi corona adalah dengan percaya jika Tuhan bersama kita. Apapun yang terjadi dalam hidup ini sudah menjadi kehendak Tuhan dan pasti memberikan banyak kebaikan. Dengan percaya Tuhan bersama kita membuat lebih tenang dan hal ini dapat meningkatkan imun tubuh secara alami.

Pandemi corona memengaruhi banyak hal, termasuk iman sebagai umat Gereja Katolik. Namun dalam menghadapi pandemi seperti ini, cara beriman Katolik tetap harus dijaga dan menunjukkan sikap positif. Ikuti cara-cara bagaimana menjaga iman umat Katolik selama masa pandemi corona agar tetap tenang dan berpikir positif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *