Gereja Kana photo

Menyusuri Kisah Yesus di Gereja Kana

Kota Kana merupakan sebuah kota kecil yang berada di perbatasan antara Israel dan Lebanon. Kota ini sebetulnya jadi bagian dari Galilea dan lokasinya cukup dekat dengan Laut Galilea yang seringpula disebut sebagai Danau Tiberias.

Sebagian besar penduduknya merupakan penganut agama Islam sedangkan sisanya menjadi pengikut Kristen. Kota ini juga sering disebut dengan nama kota Arab karena didominasi oleh warga keturunan Arab, baik yang beragama Islam atau Kristen.

Sejarah Kota Kana

Mukjizat Yesus

Sejak puluhan abad lalu kota ini terkenal sebagai tempat Yesus mendapatkan mukjizat untuk pertama kalinya berdasarkan permintaan dari ibuNya. Mukjizat ini berupa kemampuan Yesus yang bisa merubah air jadi anggur di sebuah acara pernikahan. Peristiwa ini diriwatkan dalam Yohanes 2 : 1-11.

Sedangkan dalam Yohanes 4 : 46-54, diceritakan Yesus punya mukjizat kedua yang membuat diriNya dapat menyembuhkan seorang anak pejabat dari jarak jauh di Kapernaum. Selain itu masih ada 2 tempat lain di daerah Galilea bersama satu wilayah di Lebanon Selatan yang juga dipercaya sebagai Kana menurut kitab suci Alkitab.

Gereja Kana

Sementara itu Gereja Kana/Cana sendiri adalah sebuah situs arkeologi yang setelah dilakukan penggalian banyak ditemukan benda-benda bersejarah. Salah satunya adalah komplek makam yang berasal dari zaman Byzantine sekitar abad V dan VI masehi, runtuhan sinagoga Yahudi, rumah abad IV, bangunan abad XIV hingga kapel Fransiskan dari tahun 1880.

Temuan arkeologi yang berasa dari zaman-zaman yang tidak sama ini merupakan suatu bukti jika wilayah tersebut mempunyai peran sangat penting. Terutama untuk para pemeluk agama samawi.

Di Kana, terdapat dua gereja yang masing-masing digunakan untuk beribadah bagi penganut Katolik dan Ortodoks. Semua sering dipakai untuk menggelar acara sakramen bagi pasangan yang ingin menikah.

Gereja yang dipakai oleh umat Katolik merupakan milik biarawan OFM. Didirikan diatas bekas reruntuhan gereja kuno peninggalan abad IV masehi. Di lokasi inilah pernah ditemukan mozaik dari abad tersebut.

Di gereja yang dipakai secara resmi mulai tahun 1906 ini juga terdapat tempayan yang mirip sekali dengan tempayan dari zaman Yesus. Sedangkan dindingnya diberi hiasan lukisan yang menggambarkan Yesus sedang hadir dalam sebuah acara pernikahan di kota Kana.

Gereja kedua yaitu Gereja Ortodoks Yunani letaknya tidak jauh dari gereja pertama. Di masa lalu, gereja ini merupakan tempat diselenggarakannya acara pernikahan yang dihadiri Yesus dan masing-masing yaitu pernikahan Taman Firdaus, pernikahan Tobit dan pernikahan Sara.

Gereja St. Bartolomeus

Selain itu di Kana masih ada satu gereja Katolik lagi yang dikelola olah biarawan OFM dan didirikan dengan tujuan memberi penghormatan pada St. Bartolomeus atau Natanael. Sosok ini menjadi salah satu murid Yesus dan namanya tertulis pada Injil Yohanes 1 : 47-49.

Sama dengan gereja lainnya yang ada di Kana, Gereja St. Bartolomeus juga sering dijadikan sebagai tempat untuk berziarah dan berdoa sebab pendiriannya juga berkaitan dengan sejarah Yesus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *