Fakta Tentang Vatikan yang Perlu Diketahui Orang Katolik

Umat katolik tentu tahu bawa Vatikan merupakan tempat tinggal paus. Tetapi pasti banyak orang yang belum tahu fakta tentang Vatikan yang lainnya. seperti kita ketahui bahwa Paus merupakan pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma. Kota Vatikan menjadi pusat pemerintahan gereja Katolik Roma, dari dulu hingga saat ini. Di negara tersebut juga menyimpan banyak peninggalan sejarah gereja Katolik.

Negara Vatican tidak seperti negara lain di dunia, karena murni hanya aktivitas gereja yang dilakukan di negara ini. Selain itu negara ini juga tidak terbuka untuk umum, sehingga masih banyak fakta – fakta lain yang belum diketahui masyarakat luas. Vatican memiliki nama resmi Stato della Citta del Vaticono. Jika diterjemahkan secara bebas, nama tersebut artinya Negara Kota Vatican. 

Kata Vatikan merupakan saduran dari Bahasa Latin, yakni Vates. Vates dalam Bahasa Latin berarti pengkabar masa depan. Kota ini merupakan tempat kabar baik Tuhan dikumandangkan ke seluruh dunia. Melalui kabar baik tersebut diharapkan umat Katolik bisa hidup dengan lebih baik dan menerapkan ajaran Yesus dalam kehidupan. 

Fakta Tentang Vatikan yang Penting Diketahui Orang Katolik

Walaupun negara tempat tinggal paus ini dibuka untuk kunjungan wisatawan, tetapi masih banyak fakta yang belum diketahui banyak orang. Negara ini mengusung konsep yang sangat unik, sehingga orang Katolik sangat perlu mengetahuinya. Berikut beberapa fakta negara Vatican yang perlu diketahui. 

  1. Vatikan Merupakan Negara Terkecil Di Dunia

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia, dan sering juga disebut sebagai negara di dalam negara. Hal itu dikarenakan luas negara ini hanya berkisar 44 hektar dengan jumlah penduduk sebanyak 1000 orang. Letaknya sendiri berada tepat di dalam negara Italia, dekat kota Roma. Sistem politiknya merupakan monarki, dan Paus memegang legislatif, eksekutif dan yudikatif. 

  1. Gereja Basilica St. Peter di Vatikan Merupakan Gereja Terbesar di Dunia

Fakta tentang Vatikan lainnya adalah gereja Basilica St. Peter menjadi gereja terbesar di dunia. Basilica Santo Petrus tersebut dianggap sebagai situs agama katolik paling suci, sehingga sering dijadikan sebagai tempat berziarah. Di dalam gereja ini terdapat berbagai lukisan dan karya seni, buah karya dari seniman dunia. 

  1. Kewarganegaraan Vatikan Diperoleh Berdasarkan Penunjukan 

Salah satu alasan mengapa penduduk Vatican jumlahnya sedikit karena kewarganegaraan diperoleh berdasarkan penunjukan. Jadi orang yang bekerja di kediaman Paus ini nantinya diberikan kewarganegaraan. Setelah masa kerja selesai maka hak atas kewarganegaraan kembali dicabut. 

  1. Pasukan Pengawal Paus Berasal dari Swiss

Tempat kediaman Paus ini merupakan negara yang tidak memiliki kekuatan militer. Walaupun demikian bukan berarti tidak ada penjagaan yang dilakukan. Di tempat ini pengawal didatangkan dari negara Swiss, yang disebut dengan Papal Swiss Guards. Pengawal tersebut mengenakan seragam khas Renaissance, dan sudah ada sejak tahun 1506. 

Sejarah Pengangkatan Tentara Swiss Sebagai Pengawal Paus

Pasukan pengawal Paus selalu didatangkan dari negara Swiss. Pengawal ini mengenakan seragam unik dan selalu bersiaga menjaga kediaman Paus. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tradisi ini sudah ada sejak tahun 1506. Saat itu Paus Julius II menilai bahwa tentara dari Swiss merupakan pekerja yang patuh dan sangat setia.

Sejak saat itu tentara Swiss berjanji untuk mengorbankan diri melindungi Paus hingga saat ini. Tidak semua tentara Swiss bisa menjadi pengawal Paus. Yang bisa menjadi pengawal harus sudah mengikuti pelatihan khusus militer Swiss serta beragama Katolik, berjenis kelamin laki – laki dan tidak menikah. 

Hal itu dikarenakan tentara Swiss dikenal juga sebagai salah satu kekuatan militer yang paling disegani di seluruh dunia. Umat Katolik perlu mengetahui beberapa fakta tentang Vatikan tersebut agar semakin paham tentang Paus beserta tempat kediamannya. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *