danau galilea photo

Danau Galilea Tempat Yesus Menunjukan Mukjizat dan Kisah Tentang Ikan Petrus

Jika dilihat dari ketinggian, Danau Galilea yang berada di kota Tiberias terlihat mirip dengan harpa. Sebagian orang menyebut danau ini dengan nama Danau Genesaret, Danau Kinnereth atau Danau Tiberias. Ukuran panjangnya sekitar 22 km dengan lebar kurang lebih 12 km.

Karena berada di bawah permukaan laut sekitar 210 meter, danau ini dianggap sebagai danau paling rendah kedua sedunia. Yang pertama adalah Laut Mati. Di danau Galilea pula ada aliran sungai Yordan dari utara menuju selatan.

Mukjizat Yesus di Danau Galiea dan Cerita Ikan Petrus

Meski luasnya tidak terlalu besar, namun danau Galilea tetap bisa dijadikan sebagai destinasi wisata ziarah saat berkunjung ke Holy Land. Terlebih lagi disekitarnya terdapat banyak sekali destinasi ziarah lainnya terutama di kawasan kota Tiberias.

Dari segi sejarah, Danau Galilea memiliki cerita yang begitu bagus untuk dihayati sekaligus direnungkan. Danau tersebut merupakan tempat Yesus Kristus menunjukan mukjizat mampu berjalan kaki diatas permukaan air. Kisah tentang perahu yang menjadi tumpangan Yesus dan murid-muridnya saat terkena badai tertulis di Markus 4 : 35-41.

Selain itu masih ada mukjizat lain yang dimiliki Yesus sehubungan dengan keberadaan danau ini. Diriwayatkan suatu ketika Yesus memberi perintah pada seorang muridnya yang bernama Petrus untuk pergi mencari ikan atau memancing di sebuah danau yaitu danau Galilea.

Sebelum berangkat, Petrus mendapat pesan dari Yesus bahwa ikan yang nanti akan dipancing pertama kali akan memiliki kepingan uang dirham dalam mulutnya. Ternyata apa yang sudah disampaikan Yesus terbukti secara nyata. Saat Petrus berhasil memancing ikan, terdapat uang berbentuk kepingan senilai 4 dirham.

Sajian Masakan Ikan Petrus di Danau Galilea

Berdasarkan riwayat tersebut, ikan yang hidup di Danau Galilea diberi nama ikan petrus dan sampai saat ini ikan-ikan tersebut masih ada dan berkembangbiak di tempat yang sama. Oleh karena itu ketika berwisata ziarah di destinasi ini, tidak ada salahnya mencoba mencicipi ikan tersebut.

Selama ini sebagian penduduk asli yang tinggal dikawasan tersebut memang bekerja sebagai nelayan atau pencari ikan petrus untuk diolah menjadi masakan dan dijual lagi pada peziarah. Biasanya masakan ikan petrus ini dijadikan sebagai menu hidangan utama. Agar terasa lebih lezat dan pas dengan lidah orang Indonesia, masakan ini bisa diberi bumbu tambahan sendiri berupa saus atau kecap manis.

Masakan Ikan Petrus Danau Galilea img

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *