danau galilea photo

5 FAKTA Menarik Tentang Danau Galilea dan Laut Mati

 

Danau Galilea

danau galilea holyland pic

Danau Galilea merupakan sebuah tempat yang mungkin tidak asing lagi bagi kebanyakan dari kita dan Danau Galilea telah  menjadi destinasi wisata yang amat populer di Israel.  Di dalamnya terdapat berbagai fakta dan  kisah sejarah yang perlu kita ketahui. Destinasi ini populer di kalangan traveler kristiani yang ingin melakukan wisata religi dan ziarah ke berbagai situs peninggalan Yesus di Israel.

Fakta Unik Danau Galilea

 

1. Yesus bertemu dengan Simon Petrus

Di sinilah Yesus Kristus menemukan “penjala manusia”. Di danau ini Yesus menyuruh murid-muridNya untuk melemparkan jala ke sisi lain perahu dan mereka menangkap begitu banyak ikan sehingga mereka harus berjuang untuk membawa ikan-ikan itu kisah tersebut dalam injil Yohanes 21: 1 – 10.

 

2. Peristiwa Uang dalam Mulut Ikan

Peristiwa ini terjadi pada saat rasul Petrus diperintahkan oleh Yesus membayar bea. Di danau ini pula, kisah Ikan Petrus yang di dalam mulutnya menyimpan uang 4 dirham berawal. Kisah ini dapat ditemukan dalam Matius 17:24-27. 

 

3.Wilayah yang Subur

Danau  Galilea dapat Anda temukan pada bagian utara Israel Utara. Pada saat zaman Yesus, daerah di sekitar Danau ini merupakan deretan kota-kota  yang berkembang. Hal ini tak mengherankan, karena  di danau ini penuh dengan kehidupan! Perikanan di wilayah ini terkenal di seluruh Kekaisaran Romawi dan menjadi sumber perdagangan yang kuat.

 

4. Mujizat Yesus Berjalan di Atas Air

Cerita ini terjadi setelah mukjizat pemberian makan 5000 orang, di mana Yesus memerintahkan murid-murid-Nya naik kapal menyeberangi Danau Galilea, sementara Ia tinggal sendirian untuk berdoa. Ketika hari sudah malam, angin keras bertiup dan kapal itu terombang-ambing oleh gelombang besar. Di tengah badai dan kegelapan, murid-murid melihat Yesus mendatangi kapal mereka dengan berjalan di atas air danau. Kisah ini dapat kita baca dalam

 

5.  Memiliki Ikan Tilapia yang khas

Ikan Tilapia di Danau Galilea dikenal juga sebagai ikan Santo Petrus, di sana disebut Musht yang dalam bahasa Arab berarti ”sisir”. Petrus sang nelayan murid Yesus sudah tiada hampir 2000 tahun silam, tapi ikan Santo Petrus yang dijala oleh Petrus sang nelayan dan disantap oleh Yesus dan murid-murid lainnya, dapat disantap oleh kita pada saat ini jika mengunjungi restoran di tepi Danau Galilea.

 

Laut Mati

laut mati img

 

Selain keunikan namanya, Laut Mati ternyata meyimpan beberapa fakta keunikan lainnya. Berikut ini Anda akan menemukan lima fakta menarik tentang Laut Mati beserta keunikannya.

Fakta Menarik Laut Mati

 

1. Nama Laut Mati

Nama Laut Mati berasal dari terjemahan bahasa Ibrani, Yam ha Maved yang berarti ‘Laut Pembunuh. Sedangkan dalam bahasa Arab namanya disebut Bahrul Mayyit yang artinya ‘Laut Mati’.

 

2. Ternyata Sebuah Danau dan Bukan Laut

Laut Mati ternyata adalah sebuah danau karena terletak pada daratan. Danau ini berlokasi pada titik terendah permukaan bumi. Laut Mati menjadi sangat fenomenal karena airnya dapat membuat semua benda mengapung dan tidak akan tenggelam, termasuk manusia. Jadi bagi mereka yang tak bisa berenang jangan khawatir karena dijamin Anda akan mengapung dnegan sendirinya.

 

3. Mengapa Bukan dinamakan Danau Mati?

Penyematan nama Laut Mati, bukan Danau Mati karena danau ini memiliki ukuran luas yang seperti lautan. Panjangnya mencapai 67 km, lebarnya 17 km dan luas permukaannya mencapai 810 km persegi. Meski luas, tidak ada kehidupan di dalam ataupun di sekitar danau tersebut, baik flora maupun fauna. Kadar garam yang terlalu tinggi membuat makhluk hidup sulit bertahan di sana.

 

4. Tempat Terendah di Dunia

Laut Mati merupakan tempat terendah di dunia dengan ketinggian 417,5 meter dpl atau 1300 kaki di bawah permukaan laut. Letaknya di atas sebuah lembah di antara perbatasan wilayah Israel, Palestina dan Yordania.

Tuhan Memberkati.

 

5. Kaya Kandungan Mineral

Karena banyaknya kandungan mineral, lumpur Danau Laut Mati berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Tidak hanya kandungan garam saja yang tinggi, danau laut mati juga memiliki kandungan mineral yang banyak, tepatnya pada lumpur danaunya. Inilah yang dimanfaatkan para wisatawan untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Lumpur di danau laut mati mengandung beberapa zat mineral penting seperti magnesium, kalsium, kalium, zink, iodin, chlorine, chloride, sulfur, sodium, bitumen, bromida dan pottasium.

 

Insight Tour,

Expanding Insight

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *