Daftar Nama Baptis Katolik Beserta Arti dan Penjelasannya

Daftar Nama Baptis Katolik Beserta Arti dan Penjelasannya

Mencari daftar nama baptis katolik menjadi sangat penting bagi orang yang akan di babtis secara Katolik. Nama ini biasanya diambil dari nama-nama orang kudus atau Santo (laki-laki) dan Santa (perempuan) yang diakui oleh Gereja Katolik Roma.

Nama baptis menjadi sangat penting bagi umat Katolik karena dengan memakai nama orang kudus itu orang turut serta meneladani perbuatan dan perkataan dari Santo/Santa tersebut. Meneladani berarti mencontoh, mengikuti, berusaha melakukan, bersikap hidup yang baik seperti yang dilakukan para Santo/Santa.

Meski pada kenyataannya hal tersebut merupakan tugas yang berat terlebih bagi manusia bisa seperti kita. Namun paling tidak Anda bisa meneladani sedikit saja sikap hidup Santo/Santa yang dipakai sebagai nama baptis. Nama baptis juga dijadikan sebagai Santo/Santa pelindung khusus bagi orang itu sendiri.

Oleh karena itu nama baptis katolik tidak bisa diambil sembarangan. Ada aturan khusus yang mengatur itu yaitu nama baptis haruslah diambil dari nama manusia nyata yang telah dinobatkan menjadi orang kudus oleh Gereja Katolik.

Bukannya memakai nama tempat atau kota yang ada di Alkitab seperti Efesus, Galilea, Roma, dan lain-lain. Maka agar Anda tidak salah dalam memilih nama baptis berikut sedikit daftar nama Santo atau Santa yang bisa Anda gunakan sebagai nama baptis Anda, an sejarah pemilihan nama tersebut.

Santa Agata yang Mencerminkan Kesetiaan

Santa Agata merupakan seorang gadis yang bersumpah setia hidup selibat yang hidup di kaki gunung api Aetna pada masa pemerintahan Kaisar Decius (249-251). Namun kesetiaannya diuji ketika Quintianus ingin menjadikannya istri. Agata tidak mau dan tatap kukuh pada pendiriannya sehingga Ia disiksa hingga mati (dalam kondisi tetap perawan).

Santa Agata diperingati sertiap tanggal 5 Ferbruari sebagai Santa pelindung kemurnian, bahaya api, dan pelindung penyakit dada. Arti nama Agata yaitu “yang mulia, arif, dan berani”. Santa Agata dilambangkan dengan dalam rupa seorang wanita dengan dua piring yang di atasnya ada potongan buah dada.

Santo Agustinus yang Agun dan Mulia

Nama baptis katolik yang bisa dipilih selanjutnya adalah Agustinus. Santo Agustinus adalah seorang cerdas yang saat itu masih kafir dan terlalu sombong bahkan merendahkan Kitab Suci. Singkat cerita pertemuannya dengan uskup Amrosius mengubah hidupnya. Hingga akhirnya Agustinus ditahbiskan menajdi Imam dan pada usia 41 tahun menjadi uskup.

Agustinus merupakan uskup dan pujangga Gereja, anak dari Santa Monika. Banyak menulis buku (Pengakuan Iman dan Negara Tuhan) dan aturan hidup membiara. Santo Agustinus diperingati setiap tanggal 28 Agustus sebagai pelindung para seminaris atau calon Imam. Nama Agustinus artinya “yang agung dan mulia”.

Santa Maria, Bunda Yesus

Siapa yang tidak kenal dengan Santa Maria, Bunda Allah. Maria seorang perawan kudus yang melahirkan Tuhan kita Yesus Kristus. Dalam Alkitab sangat banyak membahas tentang pribadi dan kuasa Maria. Maria memegang peran penting dalam keselamatan orang beriman.

Maria taat dan setia pada perintah Allah Bapa untuk menjadi sarana inkarnasi Yesus Kristus. Maria seorang ibu yang baik dan setia menemani Yesus ketika Ia disiksa sepanjang perjalanan menuju golgota. Hingga sampai kematiannya Maria selalu menemani Yesus.

Maria menjadi nama baptis katolik yang kerap dipakai karena memang kekuasaan dan kerahimannya yang amat luar biasa. Gereja Katolik pun mengeluarkan banyak dogma untuk maria yang rutin diperingati setiap tahun seperti Maria Bunda Allah (1 Januari), Maria diangkat ke surga (15 Agustus), Maria dikandung tanpa noda (8 Desember), dan masih banyak lagi.

Daftar Nama Baptis Katolik Beserta Arti dan Penjelasannya
Daftar Nama Baptis Katolik Beserta Arti dan Penjelasannya

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Santo Simon Petrus Rasul

Santo hebat yang sekaligus merupakan murid Yesus sendiri atau Rasul, merupakan nama baptis yang sering dipakai orang katolik. Dalam kitab suci banyak yang mencatat tentang kuasa dan kehebatan Santo Petrus ini. Santo Petrus awalnya memiliki nama Simon yang merupakan anak seorang nelayan di Betsaida.

Namun dengan kuasa Tuhan, Simon diubah menjadi penjala manusia yang luar biasa dalam pewartaannya akan Yesus Kristus. Hingga Santo Simon Petrus menjadi pemimpin pertama umat Katolik di dunia. Hidup sebagai martir dan diperingati setiap tanggal 29 Juni bersama Santo Paulus.

Tidak hanya keempat nama di atas saja. Masih ada banyak lagi nama-nama Santo atau Santa yang bisa dipakai umat Katolik. Anda bisa membaca lebih lengkap di buku-buku resmi dari Gereja Katolik misalnya Ensklopedi Orang Kudus. Di sana ada puluhan nama yang bisa diteladani dan dipilih sebagai nama baptis katolik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *