Ciri-Ciri Pelayanan Gereja Katolik yang Sangat Istimewa

Ciri-Ciri Pelayanan Gereja Katolik yang Sangat Istimewa

Membicarakan soal pelayanan Gereja Katolik memang sangat menarik dan istimewa untuk dibahas serta diketahui lebih jauh. Hal ini dikarenakan Gereja Katolik tidak pernah setengah-setengah dalam memberikan pelayanan kepada umatnya maupun masyarakat luas. Bahkan dalam pelayanan yang diberikan selalu menggunakan teladan Yesus Kristus dari berbagai hal.

Gereja Katolik memang memberikan pelayanan secara universal tanpa pernah membedakan suku, ras, agama dan berbagai hal lainnya. Sehingga tidak heran jika Gereja Katolik selalu diterima dengan baik oleh masyarakat di sebuah negara termasuk Indonesia sejak dahulu. Ada banyak aspek dan bidang pelayanan yang diberikan Gereja untuk masyarakat.

Tahukah Anda jika pelayanan Gereja Katolik selalu memiliki ciri-ciri khusus dan utama yang berbeda. Sehingga pelayanan yang diberikan Gereja Katolik mudah untuk dibedakan dan juga mudah dikenali. Ciri khusus dalam pelayanan Gereja sudah sejak jaman dulu dan diteruskan sampai sekarang dengan memegang teguh ajaran Yesus.

Banyak orang Katolik sendiri bertanya-tanya kepada Gereja Katolik harus selalu melayani baik kehidupan Gereja atau masyarakat? Apa saja ciri yang dimaksud dalam hal pelayanan Gereja sangat istimewa dan berbeda. Temukan jawabannya dengan membaca ulasan singkat dibawah ini tentang pelayanan Gereja terhadap masyarakat dan kepada Allah.

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Ciri-Ciri Pelayanan Gereja Katolik yang Sangat Istimewa
Ciri-Ciri Pelayanan Gereja Katolik yang Sangat Istimewa

Alasan Gereja Katolik Harus Selalu Melayani

Ada banyak alasan kenapa harus memberikan pelayanan Gereja Katolik, baik dalam kehidupan Gereja atau masyarakat. Pelayanan memiliki arti yang sangat luas dan Yesus sendiri memberikan teladan menjadi pelayanan untuk sesama. Yesus meminta agar umat Katolik meneladani sikap paling rendah diantara pelayan dengan selalu rendah hati.

Alasan lain Gereja Katolik selalu melayani baik kehidupan Gereja dan masyarakat karena hormat kepada Allah. Jadi bukan karena takut kepada manusia, namun lebih ke sikap saling menghargai. Jika semua orang menjadi pelayanan maka kehidupan bergereja maupun bermasyarakat akan damai tanpa keserahakan.

4 Ciri Pelayanan Gereja yang Sangat Istimewa Namun Bermanfaat

Melayani bukan sekadar melakukan kewajiban, namun lebih pada rasa bersyukur dan menghormati Allah. Oleh karena itu, pelayanan pada Gerja Katolik memiliki ciri seperti ini.

  1. Ciri Religius Berdasarkan Hormat Kepada Allah

Ciri dari pelayanan Gereja Katolik yang pertama dapat dilihat dari ciri religius karena berdasarkan pada hormat kepada Allah. Tuhan Yesus memberikan teladan tentang pelayanan dengan cara mengasihi sesamamu manusia. Sikap cinta kasih ini karena hormat kepada Allah sehingga pelayanan yang diberikan tidak membedakan sesama.

  • Kesetiaan Kepada Kristus Tuhan dan Guru

Ciri pelayanan Gereja yang cukup istimewa selanjutnya adalah kesetiaan kepada Kristus Tuhan dan Guru. Sehingga pelayanan yang diberikan dimulai dari hal terkecil dalam Gereja hingga ke masyarakat luas. Pelayanan yang diberikan Gereja sebagai bentuk kesetiaan kepada Kristus dengan meneladani sifat Yesus sebagai guru.

  • Mengambil Bagian dalam Sengsara Yesus

Ciri ketiga pelayanan Gereja Katolik yaitu dengan mengambil bagian dalam teladan kisah sengsara Yesus. Sehingga pelayanan yang diberikan Gereja Katolik dengan ambil bagian dan merasa senasib dengan sesama. Tidak heran jika pelayanan Gereja selalu fokus pada mereka yang paling membutuhkan dengan tidak merendahkan siapapun.

  • Kerendahan Hati

Sedangkan ciri pelayanan Gereja yang keempat, yaitu kerendahan hati, dimana Gereja tidak boleh membanggakan pelayanannya. Sikap rendah hati bukan hal yang amat suci karena dengan rendah hati Gereja menyadari tidak bisa sempurna dalam melayani. Sehingga menyadari berbagai kekurangan dalam melayani dan terus memperbaiki dalam pelayanan.

Gereja Katolik selalu memberikan pelayanan kepada umat maupun masyarakat dengan ciri-ciri istimewa. Pelayanan yang diberikan Gereja Katolik sebagai bentuk hormat kepada Allah sehingga melayani sesama dengan cinta kasih. Sehingga tidak heran pelayanan Gereja Katolik selalu istimewa dan dapat mudah dikenali dari ciri-cirinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *