bukit sabda bahagia

Kebahagiaan di Bukit Sabda Bahagia Bagi Orang Percaya

Bukit Sabda Bahagia diyakini sebagai tempat yang dimana Yesus memberitakan kabar bahagia di bukit. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling indah di tanah suci bagi peziarah. Menghadap ke pantai barat laut Danau Galilea, Bukit Sabda Bahagia menawarkan pemandangan mempesona bagian utara danau dan tempat ini juga bersebrangan dengan Dataran Tinggi Golan di sisi lain. Lokasi pasti dimana Yesus menkhotbahkan  Kabar bahagia masih belum diketahui.

Berkunjung ke tempat ini akan  mengingatkan Anda tentang menemukan apa itu kebahagiaan sejati. Apakah kebahagiaan itu berdasarkan dari banyak harta yang bisa dikumpulkan? Ataukah kebahagiaan itu adalah seberapa popular Anda? Ataukah kebahagiaan itu adalah seberapa besar kita mempunyai jabatan di kantor? Mungkin kisah Sabda Bahagia dari Yesus di tempat ini masih relevan buat kita yang setiap hari berusaha mengejar kebahagiaan yang tidak kunjung datang.

Matius 5:1-7

5:1 Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. 5:2 Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya:  5:3 “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.  5:4 Berbahagialah orang yang berdukacita  , karena mereka akan dihibur.  5:5 Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. 5:6Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.  5:7 Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.

Bukit Sabda Bahagia juga dipahami sebagai tempat di mana Yesus bertemu dengan rasul-rasulnya setelah Kebangkitan-Nya dan menugaskan mereka untuk “menjadikan murid-murid dari semua bangsa” (Matius 28: 16-20).

Matius 28:16-20

28:16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan  Yesus kepada mereka.  28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.  28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan  segala kuasa  di sorga dan di bumi.  28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa g murid-Ku dan baptislah  mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,   28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu  senantiasa sampai kepada akhir zaman. ”

Gereja Sabda Bahagia

Berbentuk bangunan segi delapan yang elegan dengan serambi bertingkat,  Gereja Sabda Bahagia berpadu padan dengan lereng daripada mendominasinya. Dibangun pada tahun 1938 untuk sebuah ordo Fransiskan dan  disain oleh arsitek Italia Antonio Barluzzi – dan sebagian dibiayai oleh diktator fasis Italia Benito Mussolini. Delapan sisi gereja yang terang dan lapang mewakili delapan sabda bahagia, dan ini juga ditunjukkan dalam bahasa Latin di jendela atas.

Gereja Sabda Bahagia adalah tempat yang indah untuk merefleksikan diri Anda sebelum pindah ke taman yang indah dimana Anda bisa menghabiskan beberapa jam lagi untuk merenungkan Sabda Bahagia yang disampaikan Tuhan Yesus atau sekadar menikmati pemandangan dari perbatasan, pohon dan patung bunga. Sebagai alternatif, duduklah di bangku yang nyaman sehingga Anda dapat sepenuhnya menghargai pemandangan atau hanya menyerap sinar matahari Israel yang hangat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *