sinagoga ben ezra photo

Berkunjung Ke Sinanoga Ben Ezra

Shalom Saudara-Saudara yang dikasihi Kristus…

Sinagoga Ben Ezra pada awalnya bernama El-Shamieen Church, dan terletak di belakang “gereja gantung”.  Situs ini dipercaya sebagai lokasi dimana kotak Bayi Musa ditemukan.

Sinagoga Ben Erza pernah memiliki salinan lama dari Perjanjian Lama, dan dikatakan bahwa Ezra Nabi (Al-Azir) telah menulisnya. Sinagoga Ben Ezra pada awalnya adalah sebuah gereja Kristen, dimana orang Kristen Koptik di Kairo harus menjualnya kepada orang Yahudi pada tahun 882 M untuk membayar pajak tahunan yang dipaksakan oleh penguasa Muslim pada masa itu. Gereja tersebut dibeli oleh Abraham Ben Ezra, yang berasal dari Yerusalem pada masa pemerintahan Ahmed Ibn Tulun, seharga 20.000 dinar.

Keluaran 2:5

Maka datanglah puteri Firaun untuk mandi di sungai Nil, sedang dayang-dayangnya berjalan-jalan di tepi sungai Nil, lalu terlihatlah olehnya peti yang di tengah-tengah teberau itu, maka disuruhnya hambanya perempuan untuk mengambilnya.

Sinagoga ini dikatakan dibangun di atas lokasi dimana Nabi Musa telah ditemukan oleh Putri Firaun pada saat ia masih bayi yang dihanyutkan di sungai Nil. Konon lebar Sungai Nil pada saat itu mencapai daerah dimana saat ini komplek Kristen Koptik berada.

Sejumlah restorasi dan renovasi dilakukan selama berabad-abad, dan gedung ini berasal dari tahun 1892. Bangunan yang ada saat ini adalah rekonstruksi asli dari Sinagoga yang telah runtuh. Selama rekonstruksi, Geniza (tempat persembunyian untuk buku suci dan gulungan Taurat yang sudah usang) abad pertengahan  ditemukan. Dengan ditemukannya Geniza tersebut hal itu mengungkapkan ribuan dokumen asli dari Abad Pertengahan.

Sinagoga Ben Ezra memiliki desain bergaya basilica (persegi panjang)  dan terdiri dari dua lantai. Lantai pertama didedikasikan untuk pria dan lantai kedua didedikasikan untuk wanita. Lantai utama terbagi menjadi tiga bagian oleh batang baja, dan di bagian tengahnya dari sinagoga ini terdapat bangunan kecil yang terbuat dari marmer dan berbentuk octagonal yang digunakan untuk meletakkan torah. Sinagoga ini dihiasi dengan pola geometris dan bunga dalam gaya Turki.

Ingin merasakan langsung betapa megahnya suasana di Sinagoga Ben Ezra? Yuk Kunjungi langsung Sinagoga Ben Ezra di Old Cairo bersama Insight Tour!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *