Bacaan Harian Katolik 2020 Bulan Agustus hingga September

Bacaan Harian Katolik 2020 Bulan Agustus hingga September

Bacaan harian Katolik 2020 Bulan Agustus hingga September sudah bisa Anda dapatkan di berbagai buku renungan dan situs-situs di internet. Bahkan untuk bacaan harian selama setahun penuh juga bisa Anda baca di sana.

Pasalnya umat Katolik memiliki aturan tersendiri mengenai penentuan bacaan harian sebagai bahan perenungan setiap hari. Aturan ini ditulis dalam kalender liturgi Katolik selama setahun penuh. Pada kalender liturgi ini akan Anda dapatkan banyak hal, mulai dari bacaan harian, injil, penetapan tanggal penting, pesta santo-santa, dan berbagai hal lainnya.

Tak hanya itu, pada kalender liturgi juga mengatur penuh tentang penetapan kapan masa adven dan Natal serta masa prapaskah dan paskah berlangsung. Kalender liturgi juga memiliki warna khusus seperti Merah, Ungu, Putih, Hijau, dan lain-lain.

Warna digunakan sesuai dengan ujub misa pada masa itu, misalnya selama misa pekan biasa menggunakan warna liturgi hijau. Misa tobat menggunakan warna ungu, misa paskah memakai warna putih, dan lain sebagainya. Untuk membahas lebih lengkap tentang kalender liturgi dan bagaimana cara menetapkan bacaan harian Katolik  berikut penjelasannya.

Apa itu Kalender Liturgi dan Bagaimana Cara Menentukan Bacaan Harian Katolik 2020

Masyarakat umum mengenal yang namanya Tahun Masehi yang mengatur penanggalan selama satu tahun dengan awal 1 Januari dan akhir 31 Desember. Demikian juga umat Katolik dengan kalender liturginya yang mengatur satu tahun penanggalan. Diawali pada Hari Minggu Adven I dan berakhir pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.

Perbedaannya terletak pada jumlah tahun itu sendiri, setiap tahun pada Tahun masehi akan terus bertambah sedangkan pada Tahun Liturgi tetap, yaitu Tahun A, B, dan C. Tahun ABC digunakan untuk menentukan bacaan Injil pada Hari Minggu saja.

Sedangkan misa harian diatur pada tahun Ganjil-Genap dengan ketentuan tahun 1 untuk tahun ganjil dan tahun 2 untuk tahun genap. Sehingga pada tahun masehi ini, umat Katolik akan menggunakan bacaan harian Katolik 2020  yang ada pada tahun genap atau tahun 2.

Sedangkan untuk bacaan Injil diambil dari tahun ABC dengan ketentuan apabila tahun dibagi 3 dan sisa satu maka masuk ke tahun A, apabila sisa 2 masuk ke B, dan apabila habis dibagi 3 maka masuk ke C. Karena 2020 yang dibagi 3 masih sisa 2 maka sesuai perhitungan masuk dalam tahun B.

Bacaan Harian Katolik 2020 Bulan Agustus hingga September
Bacaan Harian Katolik 2020 Bulan Agustus hingga September

Bacaan Harian Katolik 2020 Bulan Agustus Hingga September

Setelah tahu apa itu kalender liturgi dan bagaimana cara penentuannya sekarang Anda bisa paham bagaimana cara penentuan bacaan untuk harian. Bacaan harian untuk bulan Agustus sendiri diambil oleh berapa kitab, yaitu Yeremia, Yesaya, Daniel, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada Bulan September juga demikian. Kitab dan ayat secara lengkap dapat Anda baca melalui penanggalan khusus kalender liturgi yang ada pada buku-buku cetak, aplikasi e-Katolik, dan berbagai situs lain yang ada di Internet.

Anda bisa juga langsung membeli salah satu buku renungan bulanan atau tahunan sebagai bacaan harian Katolik 2020. Di sana akan ada lengkap, mulai dari bacaan I, bacaan Injil, ujub umum dunia dan Indonesia, serta renungan yang bisa Anda gunakan untuk refleksi diri.

Bagi Anda yang ingin mencari informasi melalui media online, tipsnya adalah pilihlah situs Katolik resmi yang terpercaya, situs resmi Gereja Katolik, dan lain sebagainya. Tujuannya supaya Anda tidak dijerumuskan oleh pandangan-pandangan lain yang keliru.

Berbagai macam sumber informasi apapun yang Anda gunakan untuk mencari bacaan harian tidaklah menjadi masalah. Intinya selama itu sumber terpercaya bisa membuat Anda tenang dan tidak menjerumuskan. Selalu baca bacaan harian katolik 2020 sebagai sarana perenungan yang terbaik.

Baca juga : 7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *