Aturan Protokol Kesehatan Misa di Gereja Saat Covid-19

Aturan Protokol Kesehatan Misa di Gereja Saat Covid-19

Dunia sedang mengalami pandemi COVID-19 dan hal itu yang mengharuskan adanya protokol kesehatan Misa di Gereja. Ketika pandemi COVID-19 Misa di Gereja dilakukan secara online dan Gereja ditutup sementara. Karena keadaan sudah membaik maka perlahan Gereja mulai dibuka lagi untuk Misa atau perayaan Ekaristi.

Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk membuka tempat ibadah mereka masing-masing dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Sehingga umat beragama bisa mengobati kerinduan akan iman mereka dan tetap aman. Termasuk Gereja Katolik juga menerapkan protokol kesehatan bagi umat yang ingin Misa di Gereja.

Baca juga :
7 Sakramen Yang Ada Dalam Gereja Katolik

Ada beberapa poin tentang protokol kesehatan Misa di Gereja yang harus diketahui dan dipahami oleh umat. Penerapan protokol kesehatan bisa sukses jika didukung oleh kesadaran umat Gereja selama mengikuti Misa. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja poin penting aturan protokol kesehatan saat Misa di Gereja.

Beberapa Poin Penting dalam Aturan Protokol Kesehatan Saat Misa di Gereja

Aturan Protokol Kesehatan Misa di Gereja Saat Covid-19
Aturan Protokol Kesehatan Misa di Gereja Saat Covid-19

Ketika hendak melakukan Misa di gereja, ada baiknya memahami berbagai macam protokol kesehatan di bawah ini guna mencegah penyebaran Covid-19.

  • Jumlah Umat di Gereja Dibatasi

Salah satu aturan protokol kesehatan yaitu jumlah umat didalam Gereja yang mengikuti Misa harus dibatasi. Dengan pembatasan tersebut maka diharapkan tidak akan terjadi kerumunan dan meminimalkan penularan covid-19. Gereja dapat mengatur bagaimana cara terbaik agar umat patuh terhadap aturan protokol kesehatan selama Misa.

  • Harus Selalu Gunakan Makser

Poin penting aturan protokol kesehatan Misa di Gereja yaitu umat harus selalu menggunakan masker. Jadi selama mengikuti Misa masker tidak boleh dilepas sama sekali dan sesuai anjuran dari WHO. Bagi umat yang tidak mengenakan masker dilarang untuk mengikuti Misa atau Gereja bisa menyediakan untuk dibagikan.

  • Jaga Jarak di Dalam Atau di Luar Gereja

Aturan protokol kesehatan bagi umat yang ingin Misa di Gereja yaitu jaga jarak di dalam maupun di luar Gereja. Jaga jarak di dalam Gereja bisa dilakukan dengan membuat jarak tempat duduk berjauhan. Namun ketika di luar Gereja harus ada kesadaran umat untuk saling jaga jarak dan tidak berkerumun.

  • Masuk Gereja Cuci Tangan Dahulu

Gereja bisa menerapkan protokol kesehatan Misa di Gereja dengan menyediakan beberapa titik tempat cuci tangan. Sehingga umat diharuskan untuk cuci tangan dulu memakai sabun selama 20 detik sebelum masuk Gereja. Umat harus menjaga kebersihan diri selama mengikuti Misa untuk saling menjaga satu sama lain.

  • Pengecekan Suhu Tubuh bagi Umat

Aturan protokol kesehatan terakhir yaitu pengecekan suhu tubuh umat yang ingin mengikuti misa di Gereja. Selain itu disarankan untuk umat yang merasa sakit agar tidak pergi ke Gereja terlebih dahulu. Agar pengecekan suhu tidak berkerumun maka bisa dibuat aturan datang 1 jam sebelum Misa dimulai.

Pentingnya Kesadaran Umat Gereja untuk Mengikuti Aturan Protokol Kesehatan

Pemerintah membuat aturan protokol kesehatan Misa di Gereja demi kebaikan bersama selama masa pandemi ini. Hal ini perlu didukung oleh kesadaran umat Gereja agar mengikuti aturan protokol kesehatan tersebut. Tujuannya adalah saling menjaga agar Gereja tidak menjadi klaster penularan covid-19.

Untuk meningkatkan kesadaran umat Gereja dan mampu mengikuti dengan baik aturan protokol kesehatan selama Misa. Maka perlu adanya sosialisasi dan saling mengingatkan serta Gereja turut mengarahkan. Menyediakan petugas khusus yang membantu umat menerapkan protokol kesehatan selama di Gereja sangat penting sekaligus mengawasi.

Berbagai informasi mengenai aturan protokol kesehatan untuk mengikuti Misa di Gereja sangat penting. Tujuannya adalah agar umat bisa beribadah di Gereja untuk mengobati kerinduan perayaan Ekaristi namun secara aman. Ketahui dan ikuti aturan protokol kesehatan Misa di Gereja agar tetap aman.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *