Sakramen Wajib dan Harus Diterima Bagi Umat Katolik

Sakramen Wajib dan Harus Diterima Bagi Umat Katolik

Iman Katolik memiliki Sakramen yang mana memberi gambaran betapa pentingnya kehidupan menurut kehendak Yesus Kristus. Kita bisa mendapat rahmat dan memberi banyak kebaikan di sekitar kita, kemudian dari peran serta Sakramen selalu memberi penguatan di segala aspek. Tak heran beberapa karya penyelamatan Allah sudah tertuang di Injil, kemudian melalui sakramen Allah akan mengirim Roh Kudus untuk menguatkan dan memberi makan kita.

Melalui 7 sakramen di gereja Katolik pastinya memberi gambaran bahwa Tuhan telah menghadirkan semua berkah dan perlindungan kepada umat manusia. Tetapi dari setiap sakramen memiliki fungsi dan makna berbeda, sehingga bagi Umat Katolik wajib mengetahuinya.

7 Sakramen di Gereja Katolik

7 Sakramen di Gereja Katolik

Tak sedikit umat Katolik percaya di setiap sakramen terdapat kuasa Tuhan untuk memberkati semua umatnya. Berikut ini total 7 sakramen di Gereja Katolik yang bisa diterima setiap anak Allah.

Sakramen Pembaptisan

Pertama adan sakramen pembaptisan yang mana diberikan kepada semua umat Katolik bahkan pertama kali diterima seorang umat Katolik. Proses penerimaan Sakramen Baptis ini ditandai dengan perciakan air kemudian diolesi minyak dan diberikan kain putih beserta lilin menyala. Sakramen pembaptisan melambangkan bahwa setiap manusia telah dibersihkan dari dosa dan memberi terang bagi sesama. Sakramen baptis juga dimaknai dengan ikatan manusia menjadi anak Allah yang menudian menjadi satu tubuh dengan Yesus Kristus.

Sakramen Penguatan

Berikutnya Sakramen Penguatan atau Krisma. Bagi seluruh umat Katolik juga diwajibkan mendapat Sakramen Penguatan atau Krisma sebagai lambang Kepenuhan Roh Kudus. Bukan hanya itu, Sakramen Krisma juga menjadi tanda bahwa secara rohani sudah lebih dewasa, kemudian menjadi saksi Yesus Kristus dalam mengabarkan kabar gembira dan keselamatan bagi semua.

Sakramen Ekaristi

Sakraman Ekaristi ini menjadi kebutuhan wajib bagi umat Katolik yang bisa diterima pada proses perjamunan Ekaristi. Ekaristi dilambangkan sebagai penyempurnaan sebuah perjamuan Paskah di Perjanjian Lama. Lambang kurban anak domba sudah tersirat di dalam penerimaan berkat Hosti dan berkah langsung dari Tubuh dan Darah Nya.

Sakramen Tobat

Pastinya umat Katolik pernah mendengar seputar Sakramen Tobat ataupun Pengakuan Dosa. Setiap dosa manusia akan lebur dengan pemberian sakramen Tobat, kemudian mengakui dosa kepada Imam juga menjadi hal wajib, karena Yesus telah memberi kuasa kepada para Imam untuk menjadi media dan melepaskan umat dari setiap dosa.

Sakramen Wajib dan Harus Diterima Bagi Umat Katolik

Sakramen Pernikahan

Momen pernikahan di umat Katolik juga melambangkan sebuah sakramen pernikahan. Memulai kehidupan berumah tangga harus mendapat sakramen pernikahan, dimana Yesus Kristus turut hadir dalam mempersatukan dua pasangan, dan diharapkan mampu menghadapi semua tantangan hidup bersama sekaligus menjadi pengikut Yesus Kristus yang sejati.

Sakramen Imamat

Jenis sakramen berikutnya yakni Sakramen Imamat yang diberikan khusus dari Yesus Kristus kepada para Imam. Menjawab panggulan Tuhan memang tak mudah, oleh sebab itu setiap Imam wajib mengikuti sekolah seminari mengenah dan tinggi untuk menjadi Imam dan layak menerima Sakramen Imamat untuk melangsungkan karya keselamatan Tuhan.

Sakramen Pengurapan Orang Sakit

Selain Sakramen Tobat, pada kondisi orang sakit juga wajib menerima sakramen Pengurapan Orang Sakit. Tujuan pemberian Sakramen Pengurapan Orang Sakit ini untuk mendoakan dan mengurapi menggunakan minyak yang sudah mendapat berkah dari Tuhan. Tujuan pemberian Sakramen Pengurapan Orang Sakit ini untuk memberi kekuatan pada kondisi sakit, kemudian bisa juga dimaksudkan untuk membersihkan jiwa dari dosa.

Setiap jenis sakramen memiliki fungsi dan makna, untuk itulah dari semua umat Katolik wajib mengetahuinya sebagai modal dasar mengembangkan cinta kasih dari Tuhan Yesus Kristus kepada semua orang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *