berziarah ke eropa photo

3 Kota Yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berziarah ke Eropa

1. Fatima

Fatima adalah sebuah kota kecil di Portugal yang terletak 142 km sebelah utara Lisbon. Kota Fatima terkenal sebagai tempat berziarah ke Eropa karena peristiwa yang terjadi pada 13 Mei 1917 saat tiga orang anak bernama Lucia de Jesus, berusia 10 tahun, dan saudara-saudara sepupunya Francisco dan Jacinta Marto yang masing-masing berumur 9 dan 7 tahun sedang menggembalakan sekawanan kecil domba mereka di Cova da Iria. Lalu, kira-kira tengah hari setelah berdoa Rosario, mereka bermain-main dengan membuat sebuah rumah-rumahan kecil dari batu-batu yang berserakan di sekitar tempat Basilika berdiri sekarang. Tiba-tiba mereka melihat sinar terang, dan karena menganggap bahwa sinar itu adalah halilintar, mereka memutuskan untuk pulang. Tetapi ketika mereka menuruni tebing, sebuah kilatan lagi menerangi tempat itu, dan di puncak pohon ek mereka melihat “seorang Bunda yang lebih terang daripada matahari” dan kedua tangannya tergantung sebuah rosario berwarna putih.

Penampakan Maria didahului tiga penampakan Malaikat setahun sebelumnya yang mempersiapkan anak-anak ini untuk penampakan Bunda Maria. Malaikat mengajarkan kepada anak-anak, dua doa penyilihan yang harus didoakan dengan hormat yang besar. Pada penampakan terakhir di musim gugur 1916, Malaikat memegang sebuah piala. Ke dalam piala ini meneteslah darah dari sebuah Hosti yang tergantung di atasnya. Malaikat memberi ketiga anak itu Hosti sebagai Komuni Pertama mereka dari piala itu. Anak-anak tidak menceritakan penampakan ini kepada orang lain. Mereka melewatkan waktu yang lama dalam doa dan keheningan.

Sejak tahun 1917 para peziarah tak kunjung berhenti datang ke Cova da Iria dalam jumlah ribuan orang dari seluruh bagian dunia, mula-mula pada tanggal 13 setiap bulan, kemudian selama liburan musim panas dan musim dingin, dan sekarang semakin banyak lagi pada akhir minggu dan hari apa saja sepanjang tahun.

Lalu, lokasi-lokasi apa saja yang dapat dikunjungi saat berziarah ke Eropa khususnya di Fatima?

Lokasi-lokasi yang patut anda kunjungi, antara lain:

Rumah Anak Gembala

(House of Jacinta, Lucia and Francisco)rumah anak gembala pic

Bila Anda ke Fatima,  jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke rumah peninggalan Jacinta, Fransisco, dan Lucia, yang sekarang dijadikan museum. Lokasi rumah ini agak keluar dari pusat kota, sekitar 40 menit jalan kaki. Keluarga Jacinta memperoleh pendapatan dari menjual buah zaitun dan susu domba.

Basilica of Our Lady of the Rosary

Pada tanggal 13 Mei 1928, Basilika ini dibangun dengan lama proses hingga tahun 1954. Basilika yang didalamnya terdapat lukisan pada kaca-kaca yang mengisahkan peristiwa penampakan serta terdapat makam Jacinta dan Fransisco di dalam Basilika tersebut.

 

2. Lourdes

Lourdes adalah sebuah kota di Perancis bagian Selatan. Kota ini merupakan tempat berziarah ke Eropa untuk agama Katolik terbesar di Perancis. Lourdes berada di kaki pegunungan Pyrenees dan memiliki sekitar 17.000 penduduk.

Dipercayai pada Februari 1858, terdapat suatu peristiwa bahwa Perawan Maria Terberkati menampakkan diri kepada anak kecil 14-tahun yang bernama Bernadette Soubirous. Penampakan terjadi sebanyak 18 kali mulai dari 11 Februari hingga 16 Juli 1858. Kisah penampakan inilah yang melatar belakangi Mukjizat kesembuhan yang terkenal di Lourdes, yaitu mata air Lourdes. Pada penampakan ke 9 terdapat peristiwa saat tiga ratus orang hadir bersama Bernadette di Grotto. Hal ini menjadi sangat monumental dengan mengalirnya sumber air yang digali oleh Bernadette. Ia memaparkan, “Dia berkata kepadaku: pergilah dan minumlah air dari mata air itu. Aku hanya menemukan sedikit air berlumpur. Sesudah upaya penggalian yang pertama, kedua, dan ketiga, baru pada upaya keempat akhirnya aku bisa meminumnya. Dia juga mengatakan kepadaku supaya aku makan rumput ditemukan di dekat mata air itu, dan penampakan itu kemudian beranjak dan pergi menjauh.”

Lalu pada penampakan yang ke-10 delapan ratus orang hadir. Penampakan kali ini sunyi. Bernadette minum air dari mata air tersebut. Kemudian pada penampakan ke-11, lebih dari 1000 orang hadir. Bernadette berdoa, mencium tanah dan berjalan dengan lutut sebagai tanda pertobatan. Dia kemudian dibawa ke rumah Hakim Ribes yang mengancam akan memasukkannya ke dalam penjara. Lalu pada penampakan ke-12 terjadi Mujizat pertama. Saat itu lebih dari 1500 orang berkumpul dan di antara mereka, untuk pertama kalinya, terdapat seorang imam. Pada malam hari, Catherine Latapie, seorang teman dari Lourdes, pergi ke Grotto, dia mencelupkan lengannya yang terkilir ke dalam air dari mata air tersebut lalu lengan dan tangannya pulih seperti sediakala.

Ada sebuah pesan yang sangat bermakna dari buku In The Footstep’s of Bernadette. Di situ tertulis “Bila kamu datang ke Lourdes, jangan kamu bertindak layaknya seorang turis. Kamu harus berlaku sebagai seorang peziarah, yakni kamu memulai sebuah perjalanan. Kamu masuk dalam sebuah petualangan. Kamu harus lepaskan rasa aman dan kesenangan-kesenangan lalu melemparkan diri dalam ketidak-tahuan untuk mengikuti Kristus”.

Kini di Lourdes terdapat lokasi terkenal yaitu Sanctuary of Our Lady of Lourdes dan Masabielle Grotto yang adalah gua penampakan Perawan Maria kepada Bernadette.  Mata air dari gua inilah yang diyakini oleh beberapa orang memiliki sifat penyembuhan. Setiap tahun dari Maret sampai Oktober Lourdes dikunjungi oleh para peziarah massal dari Eropa maupun dari tempat lain di seluruh dunia dengan jumlah kurang lebih 6 juta pengunjung.

Sanctuary of Our Lady of Lourdes

Sanctuary of Our Lady of Lourdes img

Masabielle Grotto

3. Vatikan

Kota Vatikan atau yang secara resmi dikenal sebagai Negara Kota Vatikan adalah negara independen terkecil di dunia yang hanya memiliki penduduk sekitar 850 jiwa. Kota Vatikan terkenal sebagai tempat berziarah ke Eropa dengan bangunan-bangunan megah di dalamnya. Kebanyakan bangunan itu telah dibuat berabad lalu oleh seniman-seniman hebat waktu itu.

Basilika Kepausan Santo Petrus di Vatikan atau lebih dikenal dengan Basilika Santo Petrus adalah salah satu bangunan megah di Kota Vatikan. Bangunan ini diklaim sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun. Bangunan ini meliputi area 23.000 m² dan memiliki kapasitas lebih dari 60.000 dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Basilika Santo Petrus juga memiliki lapangan terbuka tepat di depan Basilika yang bernama Lapangan Santo Petrus. Tradisi mengatakan bahwa tempat bangunan ini merupakan tempat Santo Petrus, salah satu rasul Yesus dan dianggap sebagai Paus pertama disalibkan dan dikuburkan. Gereja ini merupakan tempat penguburan Santo Petrus tepatnya di bawah altarutama. Beberapa paus lain juga dikubur di dalam dan di bawah basilika ini.

Basilika Santo Petrus

basilika santo petrus - berziarah ke Eropa img